Stroke

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak mengalami gangguan atau berkurang akibat penyumbatan (Stroke Iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (Stroke Hemoragik). Tanpa pasokan darah, otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel pada sebagian area otak akan mati. Kondisi ini menyebabkan bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang rusak tidak dapat berfungsi dengan baik. Stroke merupakan kondisi gawat darurat yang perlu ditangani secepatnya, karena sel otak dapat mati hanya dalam hitungan menit. Tindakan penanganan yang cepat dan tepat dapat meminimalkan tingkat kerusakan otak dan mencegah kemungkinan munculnya komplikasi.

Penyebab Penyakit Stroke

Berdasarkan penyebabnya, stroke terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

• Stroke iskemik

Terjadi ketika pembuluh darah arteri yang membawa darah dan oksigen ke otak mengalami penyempitan, sehingga menyebabkan aliran darah ke otak sangat berkurang. Kondisi ini disebut juga dengan iskemia. Stroke iskemik dapat dibagi lagi ke dalam 2 jenis, stroke trombotik dan stroke embolik.

• Stroke hemoragik

Terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah sehingga menyebabkan perdarahan. Pendarahan di otak dapat dipicu oleh beberapa kondisi yang memengaruhi pembuluh darah. Misalnya hipertensi yang tidak terkendali, dinding pembuluh darah yang lemah, dan sedang menjalani pengobatan dengan pengencer darah. Stroke hemoragik terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu perdarahan intraserebral dan subarachnoid.

Gejala

Setiap bagian otak bertugas mengendalikan bagian tubuh yang berbeda, sehingga gejala stroke bergantung pada bagian otak yang terserang dan tingkat kerusakannya. Itulah sebabnya, gejala stroke bisa bervariasi pada tiap pengidap. Namun, biasanya stroke terjadi secara mendadak. Setidaknya, ada tiga gejala utama stroke yang mudah untuk dikenali, yaitu:

• Salah satu sisi wajah akan terlihat lebih turun dan pengidap tidak mampu tersenyum karena mulut atau mata tampak terkulai.

• Pengidap tidak mampu mengangkat salah satu lengan karena terasa lemas atau mati rasa. Tidak hanya lengan, tungkai yang berada pada sisi yang sama dengan lengan juga mengalami kelemahan.

• Ucapan menjadi tidak jelas, kacau, atau bahkan tidak mampu berbicara sama sekali meski pengidap terlihat sadar.

Sementara itu, gejala dan tanda stroke lainnya adalah:

• Mual dan muntah.

• Sakit kepala hebat yang datang secara tiba-tiba, disertai kaku pada leher dan pusing seperti berputar (vertigo).

• Mengalami penurunan kesadaran.

• Sulit menelan (disfagia) sehingga mengakibatkan tersedak.

• Mengalami gangguan pada keseimbangan dan koordinasi.

• Mengalami hilang penglihatan secara tiba-tiba atau penglihatan ganda.

Zhong Feng/Stroke adalah hilang kesadaran yang terjadi tiba-tiba, sebagian tubuh mengalami kelumpuhan, mulut miring, bicara tidak lancar sebagai gejala utama, untuk penderita ringan biasanya tidak terjadi kehilangan kesadaran, hanya mulut miring dan kelumpuhan sebelah (Hemiplegia).

Stroke terjadi karena ketidakstabilan Yin dan Yang serta kekacauan Qi dan darah. Penyakit sangat erat kaitannya dengan organ Otak, Jantung, Hati, Limpa , dan Ginjal. Akar penyakit adalah Qi dan Darah yang tidak cukup serta Defisiensi Yin pada organ hati dan limpa.

Sedangkan penyebab luar dari penyakit ini adalah 风 火 痰 瘀,yang jika terjadi kelelahan, emosi tidak stabil, masalah yang tak kunjung selesai atau terlalu banyak mengkonsumsi minuman keras yang menyebabkan ketidakstabilan Yin dan Yang, Qi dan darah menjadi kacau sehingga terjadilah 中风 Stroke.

• Hilang kesadaran yang terjadi tiba-tiba,

• Sebagian tubuh mengalami kelumpuhan,

• Mulut miring, bicara tidak lancar sebagai gejala utama,

• Untuk penderita ringan biasanya tidak terjadi kehilangan kesadaran, hanya mulut miring dan kelumpuhan sebelah (Hemiplegia).

• Bisa disertai gejala lainnya seperti hati gelisah dan gampang marah, pusing, sakit kepala, jantung berdebar, atau terjadi kelelahan dalam jangka waktu panjang atau ada riwayat makan makanan berlemak,

• Sebelum serangan biasanya ada keluhan sakit kepala, pusing, kebas sebelah badan sebagai gejala awal,

• Kebanyakan terjadi tiba-tiba, dan sering terjadi pada pasien umur diatas 40 tahun.

Poin Diferensiasi

• Bedakan Masa Penyakit Masa serangan:2 minggu awal, Masa pemulihan: 2 minggu - 6 bulan, dan Masa sekuel: 6 bulan keatas

• Bedakan dia menyerang sistem meridian atau menyerang organ 脏腑. Perbedaan hanya berada pada hilang/tidak kesadaran.

• Bedakan termasuk 阳闭 dan 阴闭. 阳闭: Wajah merah badan panas, Nafas berat dan bau mulut, serta gelisah, Lidah kuning tebal Nadi senar licin dan cepat, 阴闭 wajah pucat, Terbaring diam dan tidak gelisah, ke 4 tungkai tidak hangat, banyak dahak Lidah putih tebal,nadi dalam licin dan pelan

• Observasi perubahan penyakit

• Kondisi tubuh

• Pemeriksaan lidah

• Pemeriksaan nadi

A. Masa Serangan

1. Menyerang Sistem Meridian

a. Sindrom Patogen Angin & Dahak Yang Menyumbat

• Sakit kepala

• Pusing

• Kaki tangan kebas, tiba-tiba mulut miring, air ludah mengalir dari sudut bibir

• Lidah kaku dan susah bicara

• Tangan keras dan tegang

• Lapisan lidah putih atau ungu gelap

• Nadi seperti senar kesat dan sedikit licin

• Prinsip pengobatan: Membuang angin mengencerkan dahak, melancarkan darah dan meridian.

b. Sindrom Angin dan Yang yang Mengganggu

• Pusing sakit kepala

• Wajah merah kuping berdengung

• Pinggang dan lutut pegal dan lemah

• Tiba-tiba mulut miring, susah bicara, hemiplegia

• Lidah merah dan lapisan lidah kuning tipis

• Nadi senar tipis dan cepat atau senar licin

• Prinsip pengobatan: Mengobati hati dan membersihkan angin, mendorong Yin untuk menggantikan Yang.

2. Menyerang Organ Zang Fu
a. Sindrom tertutup

• Tiba-tiba hilang kesadaran,

• Bibir tertutup rapat,

• Tangan tergenggam erat,

• Hemiplegia,

• Kejang.

Disebakan oleh Dahak dan Api atau Dahak Kental membuat tertutup dan tidak lancar, dibagi menjadi Yang Bi dan Yin BI:

(1) Yang Bi (Sindrom Yang)

• Diluar gejala diatas

• Wajah merah

• Nafas berat

• Gelisah

• Lidah merah lapisan lidah kuning

• Nadi seperti senar licin dan cepat

• Prinsip pengobatan: Mengobati hati dan membuang angin,mengencerkan dahak membuka rongga.

(2) Yin Bi (Sindrom Yin)

• Diluar gejala diatas

• Wajah pucat

• Kaki tangan dingin

• Diam dan tidak gelisah

• Lidah gelap atau pucat lapisan putih licin

• Nadi dalam licin

• Prinsip pengobatan: Mengencerkan dahak membuang angin,menghangatkan dan membuka rongga.

b. Sindrom Terlepas

• Tiba-tiba hilang kesadaran

• Wajah pucat

• Mata dan mulut terbuka, tangan terbuka gampang terkencing

• Berkeringat dingin

• Lidah berkerut

• Nadi dalam tipis atatu besar dan tidak berakar

• Prinsip pengobatan: Mengembalikan Yang menolong Yin, menambah darah memperbaiki yang terlepas.

B. Masa Pemulihan dan Masa Sekuel

1. Sindrom Dahak yang menyumbat Meridian

• Mulut miring

• Lidah kaku dan susah bicara

• Tungkai kebas

• Lidah ungu gelap atau ada bercak

• Lapisan licin dan tebal

• Nadi seperti senar kesat dan sedikit licin

• Prinsip pengobatan: Mengencerkan dahak dan memecah gumpalan, melancarkan darah dan meridian.

2. Sindrom Defisiensi Qi dan Kongesti Darah

• Tungkai lemah tak bertenaga

• Wajah agak kuning

• Lapisan lidah ungu atau ada bercak

• Nadi seperti tipis kesat dan tipis lemah

• Prinsip pengobatan: Menambah Qi memelihara darah, memecah gumpalan melancarkan meridian.

3. Sindrom Defisiensi Hati dan Ginjal

• Hemiplegia

• Otot tegang sampai berubah bentuk

• Lidah kaku dan tidak bicara

• Otot atrophi

• Lidah merah nadi tipis

• Prinsip pengobatan: Memelihara hati dan Ginjal.