Stranguria/Infeksi Saluran Kemih Masa Kehamilan

Stranguria yaitu kencing yang susah dan disertai kejang otot pinggang yang sering ditemukan pada sistitis akut. Tenesmus ialah rasa nyeri dengan keinginan mengosongkan kandung kemih meskipun telah kosong. Infeksi Saluran Kemih (ISK) merupakan istilah umum yang dipakai dalam menunjukkan keberadaan mikroorganisme dalam urin. Adanya bakteri dalam urin yang disebut Bakteriuria. Bakteriuria bermakna menunjukkan pertumbuhan mikroorganisme murni.

Bakteriuria bermakna tanpa disertai manifestasi klinis ISK disebut Bakteriuria Asimptomatik. Sebaliknya bakteriuria bermakna disertai manifestasi klinis disebut Bakteriuria Simptomatik. Infeksi saluran kemih dibagi berdasarkan lokasinya yaitu Saluran Kemih Atas dan Bawah.

Etiologi

Biasanya ISK disebabkan oleh mikroorganisme tunggal seperti:

• Escherichia Coli merupakan mikroorganisme yang paling sering diisolasi

• dari pasien ISK

• Mikroorganisme lain yang sering ditemukan adalah Proteus spp, Klebsiella spp dan Staphylococcus dengan Koagulase Negatif

• Infeksi yang disebabkan oleh Pseudomonas jarang ditemukan kecuali pasca Katerisasi

Patogenesis Patogen Urin pada ISK

Patogenesis Bakteriuria Asimptomatik menjadi Simptomatik dengan presentasi klinis tergantung patogenesis bakteri dan status kesehatan pasien.

1. Peranan patogenesis bakteri, meliputi peranan perlekatan bakteri pada mukosa dan peranan faktor virulensi lainnya seperti toksin Escherichia Coli dan Fimbriae.

2. Peranan status kesehatan pasien meliputi faktor predisposisi dan status imunologi dari pasien.

Manifestasi Klinis ISK

Manifestasi yang muncul antara lain demam (39,5-40,5 derajat Celcius), disertai gejala

menggigil, sakit pinggang. Manifestasi ini sering didahului gejala-gejala ISK bawah (sistitis), antara lain Sakit Suprapubik, Polaksiuria, Nokturia, Disuria, Stranguria

Sedangkan pada Sindrom Uretra Akut (SUA), manifestasinya sulit dibedakan dengan sistitis. Sering ditemukan pada perempuan usia 20-50 tahun.

Pemeriksaan Penunjang dan Diagnosis ISK

Analisis urin rutin pemeriksaan mikroskopik urin segar, kultur urin serta jumlah bakteri/ml urin merupakan protokol standar untuk pendekatan diagnosis ISK.Pemeriksaan lainnya seperti pencitraan ginjal (renal imaging). Namun pemeriksaan ini tidak boleh rutin dan harus berdasarkan indikasi klinis kuat seperti USG, radiografi (fotopolos perut, pielografi IV, sistogram miksi) dan

Isotop Scanning.

Terjadinya buang air kecil tapi tidak lancar dan hanya setetes-setetes dan sakit bahkan perut bagian bawah pun sakit disebut dengan Ren Shen Xiao Bian Lin Tong/Stranguria Masa Kehamilan.

Dalam kedokteran barat penyakit ini disebut juga Infeksi Saluran Kemih, Infeksi Kantung Kemih, Infeksi Ginjal dan berbagai penyakit urologi lainya.

1. Panas Ekses

a. Api dihati berlebihan
  • Konsentrasi Yang di dalam tubuh berlebihan setelah hamil

• Yin dan darah mengendap dan melindungi janin

• Yin tidak sejalan dengan Yang, api dihati pun berlebihan

• Atau saat kehamilan terlalu banyak makan makanan pedas

• Sehingga panas mengendap didalam tubuh dan mempengaruhi api dihati

• Api dihati naik dan masuk ke usus kecil kemudian masuk ke kantung kemih

• Panas mengeringkan cairan tubuh dan menyebabkan BAK tidak lancar

b. Organ bawah panas dan lembab

Patogen panas dan lembab masuk ketubuh dan mengendap di organ bagian bawah masuk ke kantung kemih mengeringkan cairan tubuh sehingga menyebabkan ketidaklancaran dan terjadilah penyakit ini.

2. Defisiensi Yin dan Cairan Tubuh

• Tubuh mengalami defisiensi Yin

• Setelah hamil Yin dan darah berkumpul dan melindungi janin

• Yin menjadi gampang lemah sehingga api bisa timbul di dalam dan menyebabkan Defisiensi Yin dan api yang menang dan turun ke kantung kemih dan melukai cairan tubuh aehingga menyebabkan BAK tidak lancar dan sakit.

1. Riwayat Penyakit Pahami sebelum hamil apa pernah terjadi BAK sering, BAK sakit,dll dan pahami pola hidup bumil bersih/tidak.

2. Gejala Terjadi dimasa kehamilan dimana BAK sering dan sakit serta sakit perut bagian bawah dan sakit pinggang.

3. Pemeriksaan Pemeriksaan urine dan pemeriksaan bakteri pada urine bisa menegakkan diagnosa.

1. Panas Ekses

a. Sindrom Api Jantung yang Ekses

• Saat kehamilan BAK tidak lancar, sedikit dan sakit, & berwarna kuning

• Wajah merah dan gelisah

• Senang minum air dingin, bahkan timbul sariawan

• Lidah merah lapisan sedikit/tidak ada

• Nadi tipis licin dan cepat

• Prinsip Pengobatan: Menurunkan api di hati, melembabkan yang kering dan melancarkan BAK.

b. Sindrom Lembab dan Panas yang Mengendap

• Saat masa kehamilan tiba-tiba terjadi BAK sering, berwarna kuning pekat, sedikit dan tidak lancar

• Wajah kuning

• Mulut kering dan tidak suka minum

• Dada penuh makan sedikit

• Lidah merah lapisan kuning tebal

• Nadi licin dan cepat

• Prinsip Pengobatan: Menurunkan panas, menghilangkan lembab dan melancarkan BAK.

c. Sindrom Defisiensi Yin dan Cairan Tubuh

• Saat masa kehamilan tiba-tiba terjadi BAK sering, jumlah sedikit, berwarna kuning, setetes-setetes dan sakit

• Saat sore hari mulai demam

• Telapak tangan dan kaki panas

• BAB keras

• Pipi dan bibir merah

• Lidah merah lapisan sedikit tebal

• Nadi tipis licin dan cepat

• Prinsip Pengobatan: Mendorong Yin menurunkan panas, melembabkan yang kering dan melancarkan BAK.