Mengenal Sakit Lambung Pada Tubuh

Pengertian Menurut Kedokteran

Sakit Lambung adalah sakit yang terjadi dibagian Lambung sampai ke area Ulu Hati. Dalam kedokteran barat dikenal juga sebagai Gastristis atau prolaps mukosa Lambung.

Jenis Sakit Lambung

1. Gastritis Gastritis (peradangan pada dinding lambung) terbagi menjadi dua jenis, yaitu gastritis Akut dan Kronis. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari penggunaan obat anti-inflamasi nonsteroid dalam jangka panjang, konsumsi alkohol secara berlebihan, hingga adanya penyakit autoimun. Pada sebagian orang, gastritis dapat terjadi tanpa disertai gejala. Namun, jika menimbulkan gejala, penderita gastritis bisa mengalami muntah, mual, cegukan, nyeri pada ulu hati, hingga buang air besar dengan tinja berwarna hitam.

2. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) GERD yang juga dikenal sebagai penyakit asam Lambung, merupakan kondisi di mana makanan atau minuman yang telah bercampur dengan asam Lambung kembali naik ke kerongkongan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan munculnya rasa asam atau pahit pada mulut dan sensasi terbakar di dada. Tak hanya itu, penderita GERD juga bisa mengalami mual, muntah, sakit tenggorokan, dan sulit tidur.

3. Tukak Lambung Tukak Lambung adalah luka akibat pengikisan pada dinding lambung atau Usus halus. Pada umumnya, penyakit pada Lambung ini disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter Pylori atau konsumsi obat antiradang, seperti aspirin dan ibuprofen, secara berlebihan. Seseorang yang mengalami tukak lambung dapat merasakan beberapa gejala, seperti perut kembung, mual, sering sendawa, nyeri ulu hati, bahkan muntah darah.

4. Gastroparesis Otot lambung bertugas untuk mendorong makanan atau minuman ke dalam usus halus. Namun, pada penderita gastroparesis, otot lambung tidak dapat bekerja dengan maksimal, sehingga proses pencernaan makanan pun menjadi lambat.Gastroparesis biasanya disertai dengan beberapa keluhan, mulai dari cepat merasa kenyang saat makan, perut kembung, mual, nyeri ulu hati, hingga memuntahkan makanan yang belum tercerna sempurna.

Pengertian Menurut Ilmu Akupunktur

Sakit Lambung/Gastritis yaitu rasa sakit akibat peradangan atau luka di mukosa dan sub mukosa lambung. Gejala umum yang ditimbulkan adalah nyeri ulu hati, mual dan muntah, lemas, perut kembung, terasa sesak, keringat dingin, pusing, sendawa, dan lainnya.

Berdasarkan Traditional Chinese Medicine (TCM), Sakit Lambung/Gastritis termasuk dalam kategori Wei Wan Tong (nyeri epigastrium) dan Zhong Pi (sensasi penuh pada epigastrium). Hal ini dikarenakan Lambung terserang oleh patogen luar yaitu patogen dingin menyerang lambung dan patogen lembab panas menyerang lambung, asupan makanan yang tidak tepat, depresi emosional yang menyebabkan stagnasi (hambatan) Qi hati, defisiensi Limpa dan Lambung

karena penyakit jangka panjang yang menyebabkan stagnasi (hambatan) Qi dari Limpa dan

Lambung.

Sirkulasi meridian Qi yang tidak lancar sebagai penyebab utama. Lambung memiliki fungsi utama untuk menyerap makanan, menyaring nutrisi, sebagai sumber kehidupan organ-organ lainnya. Lambung menggunakan prinsip menstabilkan serta menurunkan meridian Qi sebagai penyelaras, sehingga meridian Qi di Lambung tidak mudah mengalami Stagnansi (hambatan).

Penyebab penyakit Lambung meskipun cukup banyak tapi sebagian besar adalah karena meridian Qi di Lambung mengalami Stagnansi dan tidak bergerak atau karena Lambung kehilangan kontrolnya terhadap fungsi untuk menstabilkan dan menurunkan meridian Qi di Lambung. Sehingga Stagnansi menyebabkan rasa sakit pada Lambung.

• Dengan keluhan utama sakit dibagian Lambung seperti ditusuk dan terasa penuh dan intens.

• Biasa disertai bagian Ulu Hati dan Perut terasa penuh, mual dan muntah, air liur asam, tidak nafsu makan.

• Biasa terjadi pada orang paruh baya.

• Proses terjadinya sakit bisa tiba-tiba, perlahan dan ada riwayat berulang.

• Sebelum terjadi biasanya ada penyebab jelas seperti pola makan yang tidak teratur, emosi yang tidak stabil, kelelahan atau terinfeksi patogen dingin.

Jenis Diagnosis

1. Sakit Lambung (Wei Wan Tong) dan Angina Pectoris (Zhen Xin Tong)

Angina Pectoris biasanya sakit pada dada dengan intensitas tinggi, lalu menjalar kebagian bahu kiri, disertai jantung berdebar, nafas pendek, berkeringat dan tubuh dingin, bibir berwarna ungu.

2. Sakit Lambung (Wei Wan Tong) dan Sakit Rusuk (Xie Tong)

Perbedaan antara dua penyakit ini adalah terdapat pada letak penyakitnya. Sakit rusuk terletak diorgan Hati dan Empedu tetapi memang berhubungan dengan Lambung dan Limpa, dan letak sakit pada bagian rusuk.

3. Sakit Lambung (Wei Wan Tong) dan Sakit Perut (Fu Tong)

Sakit perut adalah rasa sakit dibagian Lambung kebawah sampai dengan tulang panggul bagian atas.

1. Makanan Yang Melukai Lambung

- Lambung sakit, penuh dan tidak suka ditekan

- Mulut asam

- Muntah makanan yang tidak tercerna

- Bau seperti tahu asam

- Setelah muntah sakit berkurang

- Tidak suka makan

- BAB tidak lega

- Setelah buang angin/BAB terasa lebih nyaman

- Ada riwayat makan dan minum berlebihan

- Lapisan lidah tebal

- Nadi licin

• Prinsip Pengobatan: Mendorong proses pencernaan makanan, menghangatkan Zhong dan melancarkan Meridian Qi Lambung.

2. Sindrom Patogen Dingin Masuk ke Lambung

- Sakit Lambung tiba-tiba, seperti diperas dan terasa dingin

- Takut dingin dan ssuka hangat

- Ketika dingin bertambah parah

- Tidak haus

- Suka minuman hangat

- Ada riwayat makan makanan/minuman dingan

- Lapisan lidah putih tipis

- Nadi senar dan tegang

• Prinsip Pengobatan: Menghangatkan Lambung mengusir patogen dingin, melancarkan meridian Qi dan meredakan sakit

3. Qi Liver Mengacaukan Lambung

- Lambung sakit semakin parah ketika menggepalkan tangan, lalu menjalar ke punggung

dan rusuk dan saat gelisah semakin sakit

- Sendawa dan buang angin biasanya mengurangi sakit

- Dada terasa penuh dan suka menghela nafas

- BAB tidak lancar

- Lidah dan lapisan putih tipis

- Nadi senar

• Prinsip pengobatan: Menetralisirkan liver , melancarkan meridian Qi, menstabilkan Lambung, menghentikan sakit.

4. Lembab dan Panas Menyumbat Bagian Tengah Lambung

- Lambung sakit dan terasa panas

- Muntah asam

- Ulu hati dan perut penuh

- Tidak nafsu makan dan mual

- Haus tapi tidak suka minum

- Kencing kuning

- BAB tidak lancar

- Lidah merah Lapisan lidah kuning

- Nadi licin dan cepat

• Prinsip Pengobatan: Menurunkan panas dan menuntaskan lembab, melancarkan meridian Qi, menstabilkan Lambung.

5. Stagnasi Darah Berhenti di Lambung

- Lambung sakit seperti ditusuk-tusuk, lokasi jelas, jika ditekan sakit bertambah

- Setelah makan makin parah

- Semakin parah ketika malam

- BAB hitam atau muntah darah

- Lidah ungu gelap atau ada bercak

- Nadi kesat

• Prinsip Pengobatan: Memecah gumpalan, melancarkan meridian, melancarkan meridian Qi dan menstabilkan Lambung.

6. Sindrom Limpa dan Lambung Defisiensi dan Dingin

- Lambung sakit berdenyut dan tidak berhenti

- Makin parah ketika perut kosong, akan berkurang setelah makan

- Saat kelelahan/kedinginan bisa kambuh dan bertambah parah

- Muntah liur putih

- Sedikit tidak nafsu makan

- BAB encer

- Lemas

- Tungkai dingin

- Lidah pucat, lapisan putih

- Nadi lemah tidak bertenaga

• Prinsip pengobatan: Menghangatkan Zhong, mengembalikan fungsi Limpa, menstabilkan Lambung, meredakan sakit.

7. Sindrom Defisiensi Yin di Dalam Lambung

- Lambung berdenyutdan seperti terbakar

- Kadang sakit seperti kelaparan, kadang memang lapar tapi tidak mau makan

- Mulut dan tenggorokan kering