Rheumatoid Arthritis

Diperbarui: 18 Agu 2023

Rheumatoid arthritis adalah peradangan jangka panjang pada sendi akibat sistem kekebalan tubuh yang secara keliru menyerang tubuh. Jika dibiarkan, radang sendi yang memburuk bisa menyebabkan gangguan fungsi sendi dan perubahan pada bentuk sendi tersebut.

Rheumatoid arthritis ditandai dengan bengkak, nyeri, dan kaku pada sendi. Selain menyerang sendi, rheumatoid arthritis juga bisa menyerang organ lain, seperti kulit, pembuluh darah, paru-paru, mata, dan jantung. Terkadang, sendi dan otot dapat dipengaruhi oleh perubahan fisik dalam kehamilan dan dapat berlanjut selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah kehamilan.

Rheumatoid arthritis tergolong penyakit autoimun. Penyebab penyakit autoimun itu sendiri belum diketahui secara pasti, tetapi diduga terkait dengan faktor genetik. Penderita rheumatoid arthritis biasanya memiliki keluarga dengan riwayat penyakit yang sama. Dokter juga menduga kondisi ini terkait dengan faktor lingkungan atau paparan bahan kimia. Meskipun tidak ada bukti substansial untuk mendukung klaim tersebut, namun ada keyakinan bahwa ada perubahan hormon dan imun yang kompleks terjadi selama dan setelah kehamilan.

Jika dibiarkan tidak tertangani, rheumatoid arthritis berisiko menyebabkan komplikasi berupa carpal tunnel syndrome. Penderita rheumatoid arthritis juga dapat mengalami kondisi yang lebih serius, seperti penyakit jantung dan penyakit paru-paru.

Gejala Rheumatoid Arthritis

Beberapa keluhan pada sendi yang dapat dirasakan oleh penderita rheumatoid arthritis adalah:

• Nyeri sendi

• Sendi dan jaringan di sekitarnya membengkak, seperti pada dactylitis

• Sendi kemerahan, terasa hangat, dan kaku, terutama di pagi hari atau setelah lama tidak digerakkan

• Gejala terjadi di kedua sisi tubuh, misalnya pada kedua tangan atau kedua kaki

• Tubuh terasa lelah dan lemah

• Hilang nafsu makan

• Berat badan menurun

• Demam ringan

Pada masa pasca melahirkan timbul gejala persendian pegal bahkan sakit, kebas dan terasa berat disebut Hou Shen Tong. Dalam kedokteran barat penyakit rematik yang terjadi pada masa pasca melahirkan bisa mengacu pada prinsip pengobatan ini.

1. Defisiensi Ginjal Lokasi ginjal pada perempuan dikelilingi meridia Bao Mai, sehingga jika tubuhnya defisiensi Ginjal dan ditambah terluka karena proses persalinan, maka Bao Mai menjadi tidak ternutrisi dan menyebabkan sakit pinggang dan tumit.

2. Infeksi Patogen Luar Setelah melahirkan maka sendi-sendi akan terjadi persenggangan sehingga Wei Bao tidak kokoh dan patogen angin dingin mudah masuk ke dalam tubuh, mengacaukan meridian, sendi dan menyebabkan badan menjadi sakit.

3. Defisiensi Darah Saat melahirkan akan banyak mengeluarkan darah, sendi, otot dan tubuh yang tidak teraliri darah akan mulai kebas bahkan nterasa sakit.

4. Stagnasi Darah Setelah melahirkan kondisi tubuh defisiensi dan banyak stagnasi, saat nifas belum bersih, banyak stagnasi darah yang masih menyumbat meridian, sehingga menyebabkan sirkulasi Qi dan darah menjadi tidak lancar lalu menyababkan badan menjadi sakit.

1. Riwayat Penyakit Terjadi pendarahan saat/setelah melahirkan, atau masuk angin setelah persalinan atau memang pernah mengidap Artralgia.

2. Gejala - Tubuh terasa sakit - Pegal - Kebas bahkan terasa berat atau terjadi kontraktur dimasa pasca persalinan, - Rasa sakit juga berpindah-pindah, - Atau sendi terasa sakit menusuk, atau pinggang dan betis terasa sakit

3. Pemeriksaan - Pemeriksaan Umum: Ada rasa sakit dibagian persendian atau terjadi bengkak dan sakit saat ditekan.

1. Sindrom Defisiensi Darah

• Setelah melahirkan sebelah tubuh terasa sakit

• Persendian pegal

• Tungkai kebas

• Wajah agak kuning

• Pusing dan jantung berdebar

• Nafas pendek tidak bertenaga

• Lidah merah pucat lapisan putih tipis

• Nadi tipis lemah

• Prinsip Pengobatan: Mentonifikasi darah & Qi, melancarkan darah dan meridian.

2. Sindrom Patogen Angin Dingin Lembab

• Setelah melahirkan sebelah tuuh terasa sakit

• Kontraktur di sendi-sendi tungkainya

• Rasa sakit berpindah-pindah

• Sakit intens

• Sakit seperti ditusuk benda tajam

• Tungkai bengkak, kebas, berat, takut angin dan dingin

• Lidah merah pucat lapisan putih pekat

• Nadi tipis senar

• Prinsip Pengobatan: Memelihara darah membersihkan angin, membuang dingin membersihkan lembab.

3. Sindrom Stagnasi Darah

• Setelah melahirkan setengah badan sakit

• Sendi sakit tertusuk

• Kontraktur tungkai atas dan bawah, Disertai perut bagian bawah sakit dan tidak mau ditekan

• Nifas berwarna merah gelap, tetapi tidak lancar

• Lidah agak ungu gelap

• Nadi senar kesat

• Prinsip Pengobatan: Memelihara dan melancarkan peredaran darah, melancarkan meridian meredakan sakit.

4. Sindrom Defisiensi Ginjal

• Setelah melahirkan punggung dan pinggang sakit

• Tumit sakit

• Betis dan kaki tidak bertenaga

• Lapisan lidah merah pucat, lapisan putih tipis

• Nadi dalam tipis

• Prinsip Pengobatan: Mentonifikasi Ginjal melancarkan meridian, menghangatkan meridian dan meredakan sakit.