Perut Yang Terasa Penuh dan Begah

Perut begah adalah sensasi yang umum dialami banyak orang untuk menggambarkan kondisi perut yang terasa penuh, padat, kencang, dan sesak. Beberapa orang mungkin menggambarkan sensasi begah dibarengi dengan rasa perih. Sensasi begah berbeda dengan perut kembung akibat retensi air, misalnya setelah kebanyakan minum. Hal ini biasanya dipicu oleh gangguan tertentu pada sistem pencernaan.

Tanda dan Gejala

Berikut ciri-ciri perut begah yang perlu Anda amati.

• Sering sendawa.

• Perut membesar.

• Buang angin atau kentut terus-menerus.

• Sakit dan kram perut.

• Sakit perut.

• Perut berbunyi atau seperti keroncongan.

Begah umumnya muncul akibat terlalu banyak gas atau sisa makanan yang terperangkap di dalam perut. Perut pada dasarnya memang mengandung gas dan tidak menyebabkan masalah. Namun, jumlah gas berlebihan membuat perut terasa tidak nyaman dan terlihat lebih besar.

1. Menelan banyak udara

Perut dapat terasa begah akibat tubuh yang menelan banyak udara. Berikut beberapa pemicu menelan banyak udara.

• Makan terburu-buru.

• Makan sambil mengobrol.

• Memakai gigi palsu.

• Merokok.

• Mengunyah permen karet.

• Mengonsumsi minuman berkarbonasi.

2. Makanan tinggi lemak dan karbohidrat kompleks

Makanan tinggi lemak dan karbohidrat kompleks sulit dicerna tubuh. Akibatnya, makanan mengendap lebih lama di dalam lambung, bereaksi dengan bakteri di usus, dan menghasilkan gas hidrogen dan karbondioksida. Beberapa jenis makanan yang sulit dicerna, di antaranya gorengan, gajih, kubis, brokoli, kembang kol, dan kacang-kacangan.

3. Intoleransi makanan

Intoleransi makanan atau tidak mampu mencerna zat makanan tertentu bisa menyebabkan kembung. Jenis intoleransi yang paling sering dijumpai adalah intoleransi laktosa, yakni tubuh kekurangan enzim laktase yang diperlukan untuk mencerna gula susu atau laktosa. Jadi, beberapa orang dengan intoleransi laktosa bisa mengalami kembung bila mengonsumsi susu, keju, yoghurt, atau es krim dari susu.

4. Sedang menstruasi

Wanita umumnya merasa perutnya kencang dan padat dalam beberapa hari menjelang haid dan selama haid masih berlangsung. Kadar estrogen meningkat saat menstruasi dan menyebabkan tubuh menahan air. Estrogen dan progesteron bisa mempercepat atau memperlambat gerakan usus sehingga memicu gas dan perut terasa begah.

5. Masalah pencernaan

Dalam kebanyakan kasus, perut yang terasa begah juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi penyakit yang mendasarinya, yaitu:

• Irritable bowel syndrome (IBS)

Kombinasi gejala gangguan pencernaan (kembung, kram, sakit perut, diare, atau sembelit) yang berlangsung lama.

• Penyakit celiac

Penyakit autoimun yang menyerang bagian usus kecil. Gejala yang sering muncul yaitu sembelit, perut yang terasa padat, keras, dan penuh.

• Inflammatory bowel disease

Peradangan pada lapisan saluran pencernaan, seperti penyakit Crohn dan kolitis ulserativa.

• GERD

Cairan lambung naik ke kerongkongan sehingga memicu Anda menelan lebih banyak udara.

• Sembelit

Feses yang tidak bisa keluar dapat perut Anda akan terasa keras dan penuh.

• Kanker

Pada pencernaan, seperti kanker usus besar, lambung, dan pankreas. Kanker ovarium juga dapat menimbulkan gejala kembung.

• Gastroparesis

Gangguan pencernaan akibat gerakan makanan yang lambat saat berpindah dari usus kecil ke usus besar sehingga gas menumpuk.

Pi Man disebabkan sirkulasi Qi yang tersumbat pada Zhong Jiao, organ Limpa & Lambung yang kehilangan kontrolnya dalam mengatur fungsinya untuk menaikkan dan menurunkan, sehingga timbullah gejala perut begah, penuh dan tidak nyaman. Gejala lainnya adalah perasaan begah dan penuh, tidak berbentuk saat diraba, lemah dan saat ditekan dengan tenaga tidak terasa sakit.

Limpa dan Lambung terletak di Zhong Jiao, Limpa berfungsi untuk mencerna sedangkan Lambung berfungsi untuk menyerap nutrisi, keduanya berfungsi sebagai sistem pencernaan juga sebagai peresap dan pensuplai nutrisi.

Limpa berfungsi untuk mensuplai nutrisi ke organ atas. Lambung berfungsi untuk menurunkan kekentalan. Keduanya adalah pendorong inti dari sirkulasi Qi yang stabil.

Liver berfungsi untuk menetralkan, bisa menstabilkan Qi pada Limpa & Lambung. Saat Qi pada liver lancar maka Qi pada Limpa & Lambung pun akan lancar juga.

Saat penyebab penyakit diatas itu timbul, pasti akan mempengaruhi Lambung dan membuat lelah Limpa serta liver shingga menyebabkan sirkulasi Qi pada Zhong Jiao tidak lancar, Limpa dan Lambung kehilangan fungsinya untuk menaikkan dan menurunkan dan terjadilah Pi Man.

• Perut terasa penuh begah dan tidak nyaman sebagai gejala utama, tidak berbentuk saat diraba, lemah dan tidak sakit saat ditekan.

• Proses terjadinya penyakit cukup lama kadang ringan kadang parah, terjadi berulang-ulang sehingga penyakit terjadi cukup lama.

• Kebanyakan disebabkan makanan, obat-obatan atau ketidakstabilan emosi.

1. Sindrom Pi Berlebihan

a. Sindrom Makanan yang Berhenti Didalam

• Perut penuh dan begah, bertambah begah saat makan

• Sendawa asam

• Tidak nafsu makan dan muntah atau BAB tidak teratur

• Sering buang angin dan berbau

• Lapisan lidah tebal dan pekat

• Nadi licin

• Prinsip pengobatan: Mencerna makanan dan menstabilkan Lambung, melancarkan energi.

b. Sindrom Dahak Lembab Menyumbat Zhong

• Perut penuh tidak enak

• Dada penuh

• Tubuh berat dan lelah

• Cegukan dan mual

• Mulut hambar dan tidak haus

• Lapisan lidah putih pekat

• Nadi dalam dan licin

• Prinsip pengobatan: Membuang lembab mengencerkan dahak, melancarkan sirkulasi Qi dan menstabilkan Zhong.

c. Sindrom Lembab Panas Menyumbat Lambung

• Perut penuh dan begah, agak terasa panas

• Mual dan muntah

• Mulut kering dan tidak suka minum

• Mulut pahit

• Makan sedikit

• BAB kering/lengket dan tidak lancar

• Lidah merah

• Nadi licin cepat

• Prinsip pengobatan: Menurunkan panas dan menuntaskan dahak,menstabilkan Lambung.

d. Sindrom Ketidaksinkronan Liver & Lambung

• Perut penuh dan begah

• Dada dan rusuk terasa penuh

• Gelisah dan gampang marah

• Senang menghela nafas

• Mual dan cegukan atau air ludah pahit

• BAB tidak puas

• Lidah merah pucat lapisan putih tipis

• Nadi senar

• Prinsip pengobatan: Menetralkan liver dan menuntaskan stagnansi, menstabilkan Lambung.

2. Sindrom Defisiensi Pi

a. Sindrom Lambung & Limpa Defisiensi dan Lemah

• Perut penuh dan begah, kadang ringan kadang berat, suka kehangatan dan suka ditekan

• Tidak nafsu makan dan mencret

• Lemas

• Malas bicara

• Suara rendah

• Lidah pucat lapisan lidah putih tipis

• Nadi tipis lemah

• Prinsip pengobatan: Mentonifikasi Qi dan menetralkan limpa, Menaikkan nutrisi dan menurunkan kekentalan.

b. Sindrom Defisiensi Yin Pada Lambung

• Perut penuh dan begah, tidak nyaman

• Lapar tapi tidak mau makan

• Mual dan cegukan

• Mulut dan tenggorokan kering

• BAB keras

• Lidah merah tebal dan pekat

• Nadi tipis dan cepat

• Prinsip pengobatan: Memelihara Yin mentonifikasi Lambung, menstabilkan Zhong.