Pengobatan Herbal Pada Diabetes Melitus Menurut Tradisional Chinese Medicine

Diabetes pada TCM disebut juga dengan Xiao Ke, dalam literature kuno tercatat herbal dapat efektif dalam membantu proses pengobatan pasien Diabetes. Terutama untuk penderita Diabetes ringan dan Diabetes sedang dimana penderita masih memiliki fungsi Pankreas yang masih berfungsi.

Xiao Ke biasanya disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya:

• Genetika,

• Pola makan tidak teratur,

• Emosi tidak stabil,

• Kelelahan.

Berdasarkan hasil Uji Klinis oleh National Natural Science Foundation of China dibuktikan bahwa dengan pemberian herbal pada pasien Xiao Ke memiliki lebih sedikit efek samping dibandingkan berbagai pengobatan barat sejenis. Dan Xiao Ke memiliki tingkat peningkatan/perbaikan bagi pasien diabetes dalam mengatasi berbagai macam gejala yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi.

Patogenesis dari penyakit Xiao Ke (Diabetes) adalah kerusakan Yin dan cairan tubuh. Letak penyakit ada pada organ Paru, Lambung dan Ginjal sebagai organ utama tempat penyakit terletak.

Diagnosa dasar

Biasanya ditandai dengan ciri-ciri:

• Haus dan banyak minum/makan tapi mudah lapar kembali,

• Sering BAK dan jumlahnya banyak, tubuh kurus/air kemih terasa manis (sebagai khasnya)

Namun ada beberapa pasien yang tidak mengalami gejala tersebut atau gejala tidak terlalu jelas, tapi sering terjadi pada Pria/Wanita paruh baya, terlebih untuk yang sering makan makanan berlemak dan manis, sering minum minuman manis, dll. Karena Xiao Ke sangat berhubungan dengan faktor Genetika. Oleh karena itu riwayat keluarga yang pernah mengalami penyakit ini bisa menjadi pertimbangan dalam mendiagnosa.

Prinsip pengobatan dalam TCM

Memelihara Yin dan cairan tubuh, yang dibagi menjadi 3 bagian:

• Bagian Atas (Shang Xiao) : Melembutkan Paru, menetralisir Lambung,

• Bagian Tengah (Zhong Xiao) : Menetralisir Lambung, menguatkan fungsi Ginjal,

• Bagian Bawah (Xia Xiao) : Menguatkan fungsi Ginjal, mentonifikasi Paru

Pengobatan berdasarkan Sindrom

1. Bagian Atas (Shang Xiao) A. Sindrom Paru Panas & Cairan Tubuh Terluka

• Gejala: - Haus dan banyak minum, bibir dan lidah kering, - BAK sering jumlah banyak, - Kepanasan dan banyak keringat, - Samping lidah merah terang, - Lapisan lidah kuning, - Nadi cepat

• Prinsip Pengobatan: Menurunkan panas melembutkan Paru, menambah cairan tubuh, meredakan Diabetes

2. Bagian Tengah (Zhong Xiao) A. Sindrom Lambung Panas

• Gejala: - Banyak makan tapi mudah lapar - Haus - BAK banyak - Tubuh mengurus - BAB kering - Lapisan lidah kuning - Nadi licin berlebihan dan bertenaga

• Prinsip Pengobatan: Menurunkan panas di Lambung, memelihara Yin dan menambah cairan tubuh

B. Sindrom Qi & Yin Defisiensi Serta Rusak

• Gejala: - Haus dan suka minum - Banyak makan dan mencret terjadi sekaligus atau makan yang berkurang - Tidak fokus - Tungkai tidak bertenaga - Tubuh kurus - Lidah pucat, lapisan putih dan kering - Nadi kesat

• Prinsip Pengobatan: Mentonifikasi Qi menetralisir Limpa, menambah cairan tubuh meredakan diabetes

3. Bagian Bawah (Xia Xiao) A. Sindrom Yin Ginjal Defisiensi dan Rusak

• Gejala: - BAK dengan jumlah banyak, pekat atau manis - Pinggang dan lutut pegal serta lemah - Tidak bertenaga - Pusing - Mata berkunang - Mulut, bibir, kulit kering dan gatal - Lidah merah lapisan sedikit - Nadi tipis cepat

• Prinsip Pengobatan: Mendorong Yin mengokohkan ginjal

B. Sindrom Defisiensi Yin & Yang

• Gejala: - BAK sering, pekat, bahkan sekali minum langsung BAK - Wajah cemas dan murung - Daun telinga kering - Pinggang dan lutut lemah, pegal - Tungkai lemah dan hangat - Imponten/menstruasi tidak teratur - Lidah pucat dan kering - Nadi dalam tipis dan tidak bertenaga

• Prinsip Pengobatan: Mendorong Yin menghangatkan Yang, mentonifikasi dan mengokohkan Ginjal.

Tips Makanan bagi penderita Diabetes

• Pada masyarakat dengan makanan pokok mengandung pati dan karbohidrat seperti beras, bakmi, bakmi jagung, beras sorgum, mie Soba, jiwawut dan lainnya semuanya boleh dimakan, tetapi setiap harinya harus dibatasi baiknya diantara 250-300 gram.

• Makan banyak sayuran tetapi gula, permen, makna manis, ubi jalar, kentang, dan lainnya harus dikontrol ketat.

• Dan dengan pola hidup yang sehat.

Jika Ingin Mengetahui Lebih Lanjut Mengenai Hal Diatas