top of page
  • Gambar penulisKlinik Meriana

Manfaat Terapi Moxa atau Moksibusi Untuk Kesehatan Pada Akupunktur


Terapi moxa atau moksibusi merupakan salah satu pengobatan tradisional Cina yang memiliki keampuhan sama untuk mengobati penyakit. Teknik pengobatan moxa sering dilakukan di Cina, Jepang, Mongolia dan Korea, terapi ini sering dilakukan bersama dengan akupunktur dan merupakan salah satu jenis Ilmu Pengobatan Timur.


Moksibusi/Moxa adalah bentuk terapi yang dilakukan dengan membakar Daun Mugwort. Ini adalah ramuan kecil seperti spons yang dipercaya dapat meningkatkan penyembuhan dengan akupunktur.


Dasar teori dari moksibusi sama dengan akupunktur, yaitu menggunakan teori 5 unsur, Yin dan Yang, dan perjalanan energi di jalur meridian yang menghubungkan semua titik akupunktur. Prinsip dari terapi ini adalah rasa hangat, terapi ini menggunakan tanaman herbal yang bernama Artemisia Vulgaris yang dibakar dan menciptakan panas.


Mugwort atau tanaman Artemisia Vulgaris yang dibakar ini ditempelkan pada titik akupunktur yang ada di permukaan tubuh, setelah itu dibakar agar rasa hangatnya masuk ke dalam kulit. Tidak perlu khawatir akan terkena luka bakar, karena sebelum habis, mugwort akan dipadamkan sebelum menyentuh kulit.


Manfaat Terapi Moxa

Praktisi kesehatan alternatif mengatakan bahwa panas yang dihasilkan melalui moksibusi dapat membantu meningkatkan aliran energi ke seluruh tubuh. Ini terjadi melalui beberapa jalur yang dikenal sebagai Meridian. Pengobatan tradisional Tiongkok menganggap stimulasi energi penting untuk membantu tubuh menjadi sehat dan bugar. Moksibusi didasarkan pada keyakinan bahwa penyumbatan aliran energi menyebabkan masalah kesehatan mental dan fisik.

Dilansir dari webmd.com, praktek moksibusi berasal dari pengobatan tradisional Tiongkok. Tujuan moksibusi, seperti kebanyakan pengobatan tradisional Tiongkok, adalah untuk melancarkan aliran darah, merangsang aliran Qi, dan menjaga kesehatan secara umum.


Menurut pengobatan Tiongkok, peningkatan sirkulasi Qi dapat membantu tubuh mengatasi berbagai masalah, termasuk masalah pencernaan dan nyeri kronis.


Berikut ini beberapa manfaat dari terapi moxa yang sudah diuji secara klinis dan terbukti efektif, yaitu:

  • Digunakan untuk terapi pasca stroke

  • Untuk terapi pada kanker

  • Untuk mengatasi nyeri

  • Menurunkan darah tinggi atau hipertensi

  • Membantu atasi konstipasi

  • Membantu menghangatkan titik-titik akupuntur tubuh pasien

  • Untuk melancarkan peredaran darah

  • Mengurangi rasa nyeri serta pembengkakan pada otot dan persendian,

  • Meredakan gejala masuk angin, flu dan pilek

  • Menstimulasi fungsi organ - organ tertentu

Sumber: Yakinsehat, Mandjur, Bolong.id




Jika Ingin Mengetahui Lebih Lanjut Mengenai Hal Diatas

Bisa Menghubungi Klinik Akupunktur & Herbal Meriana


23 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kommentare


bottom of page