Kurap/Tinea

Menurut Ilmu Kedokteran

Kurap atau Tinea adalah infeksi jamur pada kulit yang menimbulkan ruam melingkar berwarna merah. Kurap dapat terjadi di beberapa area tubuh, seperti kepala, wajah, tangan, kaki, atau selangkangan. Jamur merupakan organisme yang bisa hidup di berbagai tempat, termasuk di tubuh manusia. Sebagian jamur tidak berbahaya bagi manusia, tetapi sebagian lainnya dapat berbahaya jika tumbuh dan berkembang di tubuh manusia dengan cepat.

Kurap disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit. Jamur ini dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita atau kontak tidak langsung dengan benda atau tanah yang terkontaminasi. Udara panas dan lembap, berbagi pemakaian barang pribadi, dan memakai pakaian yang ketat bisa membuat seseorang lebih rentan terkena kurap.Kurap ditandai dengan munculnya ruam bersisik berwarna kemerahan di permukaan kulit. Ruam kulit ini dapat meluas. Meski demikian, gejala kurap dapat berbeda-beda pada tiap orang, tergantung pada lokasi kurap.

Gejala Kurap

Gejala kurap dimulai dengan munculnya area bersisik dengan warna kemerahan pada kulit. Ruam ini dapat meluas berbentuk melingkar yang mirip dengan cincin. Warna bagian dalam lingkaran akan terlihat lebih pudar dibandingkan dengan bagian tepinya dan dibatasi oleh bintil berwarna merah.

Selain itu, gejala kurap tidak langsung terlihat saat pertama kali kulit terkena jamur. Diperlukan waktu setidaknya hingga 2 minggu sebelum kamu menyadari gejalanya. Beberapa tahapan gejala kurap yang dapat kamu lihat yaitu:

• Tahap awal. Selama tahap ini, kamu mungkin melihat adanya bercak kulit yang berubah warna dan teriritasi. Terkadang penampilan kulit hanya tampak sangat kering dan bersisik, yang mungkin tidak terlihat seperti kurap.

• Tahap kedua. Kamu akan melihat adanya lesi yang mulai membesar. Bagian tengah rumah atau lesi menyerupai kulit sehat, tapi di area sekitarnya terlihat bersisik. a pertama. Jika tidak, itu bisa menyebar dan tumbuh.

Dalam ilmu akupunktur dikenal dengan Xuan (Kurap). Xuan adalah infeksi jamur pada kulit yang menimbulkan ruam melingkar tidak beraturan berwarna merah. Namanya akan berbeda sesuai dikulit bagian mana akan tumbuh. Dalam dunia klinis Xuan yang sering dijumpai bisa tumbuh dikepala dan disebut Bai Tu Chuang;Fei Chuang, pada tangan disebut E Zhang Feng, pada kaki Jiao Shi Qi, dan yang tumbuh pada wajah, leher dan bagian tubuh serta tungkai disebut Yuan Xuan. Xuan mempunyai ciri khas menular, jangka panjang dan cakupannya luas. Xuan juga adalah penyakit umum yang sering ditemui dalam ilmu penyakit kulit.

Diagnosa

1. Kurap Putih (Bai Tu Chuang) Merupakan satu jenis dari kurap yang tumbuh dibagian kepala, sering terjadi pada anak sekolahan dan lebih sering terjadi pada laki-laki dibandingkan wanita. Ciri khasnya adalah ada ruam berwarna putih berbentuk bulat/tidak beraturan yang tumbuh dibagian kepala. Saat remaja ia akan sembuh sendiri dan tidak menimbulkan bekas.

2. Kurap Kuning (Fei Chuang) Adalah salah satu jenis kurap yang paling sering ditemui. Sering terjadi pada anak-anak dipedesaan. Ruam biasanya dimulai dari bagian kepala dan akan menyebar keselurup kepala. Pada fase awal tumbuh ruam merah/ada lepuhan yang berisi nanah. Setelah itu akan timbul koreng berwarna kuning.

3. Kurap Tangan (E Zhang Feng) Kurap jenis ini sering terjadi pada orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Kebanyakan kurap tangan hanya tumbuh disebelah tangan, tapi juga bisa terjadi pada kedua tangan. Saat musim panas kulit akan melepuh lebih parah sedangkan dicuaca dingin rasa sakit seperti dikuliti terasa intens. Kurap jenis ini bisa kambuh berulang dan menyebabkan telapak tangan menadi tebal, kering, sakit, aktivitas terbatas,dll.

4. Kurap Tubuh (Yuan Xuan) Kurap jenis ini sering terjadi pada orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Sering terjadi dibagian waja, leher dan bagian tubuh seperti punggung dan perut. Ciri khasnya adalah ruam merah yang berbentuk bulat. Kurap jenis ini sering terjadi pada musim panas dan akan sembuh saat cuaca mulai dingin.

5. Tinea Versikolor (Zi Bai Xuan) Kurap jenis Tinea versicolor/Pityriasis versicolor adalah penyakit infeksi kulit yang disebabkan oleh Malassezia. Manifestasi klinis dapat berupa perubahan pigmentasi (hiperpigmentasi, hipopigmentasi atau eritema) disertai skuama halus dan pruritus. Predileksi penyakit ini adalah di dada dan punggung, tetapi dapat pula mengenai lengan atas, leher dan wajah.

6. Kurap Kaki (Jiao Shi Qi) Adalah kurap dengan ciri khas kaki rusak, gatal dan bau. Kurap jenis ini biasa tumbuh disela-sela jari kaki atau bisa juga rumbuh ditelapak kaki. Kemudian dibagi menjadi 3 jenis:

• Melepuh Sering terjadi pada lengkungan kaki sampai ke bagian jari kaki melepuh, gatal, berkelompok-kelompok atau bisa terpisah-pisah. Kulit dibagian lepuhan agak tebal dan tidak mudah pecah, lepuhan berisi cairan bening.

• Rusak Sering terjadi pada sela-sela jari, apalagi disela antara jari tengah dan jari manis kaki. Ciri khasnya kaki terasa lembab, bagian kulit agak putih dan rusak. Jika kulit putih sudah lepas maka akan tinggal bagian kulit yang berwarna merah saja. Terasa gatal sekali sampai-sampai jika digaruk dan kulit rusak serta berdarah baru rasa gatal akan hilang/berkurang. Kurap jenis ini sangat menular.

• Deskuamasi Sering terjadi pada sela-sela jari, tumit dan telapak kaki. Ciri khasnya adalah telapak kaki kering, kering dan kulitnya mengelupas. Sering terjadi setelah proses melepuh dan paling banyak terjadi pada lansia. Kondisi ini adalah kondisi dimana terjadi infeksi setelah proses melepuh dan rusak menyebabkan kaki menjadi merah, bernanah, bengkak bahkan menjadi borok gejala sakit kepala, demam dan seluruh tubuh yang pegal-pegal serta sakit.

Pemeriksaan

• Tes Laboratorium dan Pemeriksaan Penunjang

1. Pemeriksaan Miskroskopis Jamur Metode pemeriksaan ini cepat, mudah dan simple, tidak hanya bisa memastikan ada atau tidaknya infeksi jamur tapi juga bila ketika hasilnya negatif maka itu tidak bisa dianggap tidak ada infeksi jamur sama sekali.

2. Pemeriksaan Kultur Jamur Melalui bentuk dan karakter dari sample yang diambil bisa membantu proses diferensiasi jamur apakah yang menginfeksi.

1. Sindrom Angin, Lembab dan Racun Berkumpul

- Kebanyakan terjadi pada kurap kuning, kurap tangan dan kurap kaki

- Bagian kulit yang terinfeksi cukup luas

- Sebagian besar bagian kulit kepala dan jaringan rambut menjadi rusak dan timbul luka/koreng

- Jika terjadi ditangan maka kulit akan kasar atau melepuh

- Bila dikaki akan rusak dan gatal

- Lapisan lidah putih tipis

- Nadi lembut

• Prinsip Pengobatan: Mengusir angin menuntaskan lembab, membunuh cacing meredakan gatal.

2. Sindrom Lembab Panas Mengendap di Bawah

- Kebanyakan terjadi pada kurap kaki dan menular karena digaruk

- Gejalanya kulit rusak

- Keluar cairan bau atau bernanah

- Bengkak sampai ke punggung kaki atau hanya timbul ruam kemerahan dan bengkak

- Bahkan disertai tubuh dingin dan demam tinggi

- Lidah merah lapisan kuning tipis

- Nadi licin cepat

• Prinsip Pengobatan: Menurunkan panas menuntaskan lembab, membuang racun meredakan bengkak.

Pencegahan & Pemulihan

• Perbanyak pengetahuan tentang penyakit kurap, pengenalan yang baik sangat berdampak positif bagi pencegahan dan pemulihan penyakit ini.

• Perhatikan kebersihan diri sendiri dan keluarga.

• Harus cepat dan tepat waktu dalam pengobatan pasien kurap dan tentu saja harus bersabar dalam proses pengobatan.

• Untuk hewan peliharaan pasien kurap, juga harus dilakukan pencegahan agar tidak terjangkit.

• Harus melakukan proses sterilisasi yang benar untuk setiap jenis dan kasus kurap dengan benar dan teliti.

Untuk Mengetahui Lebih Lanjut Mengenai Hal Diatas Bisa Menghubungi Klinik Akupunktur & Herbal Meriana