Gondok

Diperbarui: 23 Agu 2023

Menurut Ilmu Kedokteran

Gondok adalah pembengkakan di leher (di bawah jakun atau laring) karena kelenjar tiroid yang membesar. Dalam bahasa kedokteran disebut penyakit Kelenjar Tiroid, di mana kelenjar ini akan memproduksi hormon tiroid yang berfungsi menstimulasi metabolisme dari sel-sel di tubuh. Umumnya kasus keganasan pada kelenjar tiroid, lebih tinggi terjadi pada laki-laki, dan jika tiroidnya sudah diangkat maka ia harus mengonsumsi obat seumur hidup karena tidak ada lagi yang bisa memproduksi hormon tiroid di dalam tubuh.

Penyebab dan Gejala

• Hipotiroid Penyebab: Penyebab penyakit gondok jenis ini bisa karena penyakit hipofisis, obat-obatan, penghancuran tiroid dan kekurangan yodium berat. Gejala: Depresi, kelelahan, tidak toleransi terhadap dingin, kulit dan rambut yang kering, tingkat kolesterol meningkat, denyut jantung menurun, konsentrasi menurun dan rasa sakit atau nyeri yang samar-samar.

• Hipertiroid Penyebab: Penyebab penyakit gondok jenis ini bisa karena penyakit Graves, pengeluaran yang abnormal dari TSH (Thyroid Stimulating Hormone), tiroiditis (peradangan kelenjar tiroid) dan konsumsi yodium berlebih. Gejala: Keringat berlebihan, berat badan menurun, gemetaran, gelisah, tidak toleran terhadap panas, mudah lelah, konsentrasi berkurang, mata melotot (seperti mau keluar) dan menstruasi yang tidak teratur atau sedikit.

Dalam ilmu akupunktur disebut dengan Ying Bing. Ying Bing adalah sebuah penyakit yang disebabkan ketidakstabilan emosi, pola makan tidak teratur serta ketidak seimbangan unsur air dan kayu yang menyebabkan Qi tersendat, Pembekuan dahak serta stagnasi darah yang menggumpal sehingga menyebabkan pembengkakan pada kedua sisi jakun sebagai gejala utama.

Berdasarkan gejalanya dalam ilmu kedokteran barat Ying Bing bisa dikelompokan pada penyakit Gondok, hipertiroid, Radang Tiroid, Adenoma Tiroid dan Kanker Tiroid. Oleh karena itu pengobatan penyakit-penyakit ini bisa menggunakan prinsip pengobatan sindrom dalam pembahasan materi ini.

Patogenesis dari Ying Bing adalah dahak yang membeku, Qi yang tersendat serta stagnasi darah yang menggumpal dikedua sisi area jakun. Fase awal penyakit ini disebabkan oleh sirkulasi Qi yang tidak lancar, pembekuan cairan tubuh dan dahak yang menggumpal. Dahak menggumpal dan berkumpul di area depan jakun yang kemudian seiring dengan berjalannya waktu maka berkumpullah Qi, dahak dan stagnasi darah sehingga terjadilah Gondok (Ying Bing).

Letak penyakit ini ada pada liver dan limpa, serta berhubungan erat dengan organ jantung. Stagnasi liver menyebabkan Qi tersendat, jika limpa terluka menyebabkan Qi bergumpal, Qi tersendat menyebabkan cairan tubuh menggenang dan tidak tersirkulasi. Defisiensi limpa menyebabkan proses pencernaan terhambat dan menimbulkan patogen dahak lembab.

Akhirnya dahak menggumpal dan sirkulasi Qi tidak lancar menyebabkan dahak, Qi dan stagnasi darah bergumpal dan terjadilah Gondok. Jika penyakit terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama maka akan mempengaruhi Jantung, sehingga timbullah gejala jantung berdebar, gelisah, nadi cepat,dll.

• Mengalami pembengkakan dikedua sisi bagian jakun sebagai gejala utama, dan bisa bergerak mengikuti gerakan menelan.

• Strukturtnya lemah, permukaan agak licin.

• Setelah penyakit terjadi dalam jangka waktu lama struktur akan lebih keras.

• Kebanyakan terjadi pada wanita.

• Sering disebabkan karena pola makan yang tidak teratur dan ada riwayat emosi tidak stabil.

• Pada fase awal akan ada gejala yang jelas.

• Saat terjadi defisiensi Yin dan Api ekses maka akan terjadi: - Demam, - Berkeringat banyak, - Jantung berdebar, - Mata agak menonjol, - Tangan tremor, - Selalu lapar dan makan banyak, - Wajah merah, - Nadi cepaat, dll.

1. Sindrom Stagnasi, Qi dan Dahak Menyumbat

- Di area leher depan dikedua sisi jakun mengalami pembengkakan

- Tubuh lemah dan tidak sakit

- Leher terasa kencang

- Dada penuh

- Senang menghela nafas atau disertai rusuk sakit

- Penyakit sering berubah sesuai dengan perubahan emosi

- Lidah putih tipis

- Nadi senar

• Prinsip Pengobatan: Melancarkan sirkulasi Qi dan memecah stagnasi, mengencerkan dahak dan mengecilkan gondok.

2. Sindrom Dahak Menggumpal dan Stagnasi Darah

- Pembengkakan leher bagian depan tepat dikedua sisi jakun

- Keras saat ditekan

- Benjolan sudah lama dan tidak kunjung hilang

- Dada penuh

- Tidak nafsu makan

- Lidah gelap/ungu

- Lapisan putih tipis/putih pekat

- Nadi senar/kesat

• Prinsip Pengobatan: Melancarkan sirkulasi Qi dan melancarkan peredaran darah, mengencerkan dahak, mengecilkan gondok.

3. Sindrom Api Liver Ekses

- Di area leher bagian depan tepatnya dikedua sisi jakun terjadi pembengkakan ringan atau sedang

- Lemah dan permukaannya licin

- Panas, mudah berkeringat

- Emosi terburu-buru dan gampang marah

- Bola mata menonjol

- Tangan tremor

- Wajah panas

- Mulut pahit

- Lidah merah lapisan kuning tipis

- Nadi senar cepat

• Prinsip Pengobatan: Menetralisir api liver, mengecilkan gondok, menghilangkan benjolan.

4. Sindrom Defisiensi Yin Jantung dan Liver

- Ada benjolan kecil/besar di area depan leher tepatnya dikedua sisi jakun

- Proses penyakit lambat

- Jantung berdebar dan tidak tenang

- Gelisah dan tidak bisa tidur

- Gampang berkeringat

- Tangan tremor

- Mata kering dan berkunang

- Lemas tidak bertenaga

- Lidah merah lapisan sedikit/tidak ada lapisan

- Lidah tremor

- Nadi senar tipis cepat

• Prinsip Pengobatan: Mendorong Yin menurunkan api, menenangkan Jantung dan Liver.