Batuk

Diperbarui: 21 Agu 2023

Batuk adalah tindakan refleks yang dilakukan untuk membersihkan tenggorokan dari lendir atau iritasi akibat benda asing. Namun, beberapa kondisi kesehatan juga bisa menyebabkan seseorang lebih sering untuk batuk. Sebagian besar gejala akan hilang atau setidaknya membaik secara signifikan dalam waktu dua minggu. Namun, ada juga yang berlangsung kurang dari tiga minggu yang kemudian disebut sebagai batuk akut.

Jika batuk berlangsung antara tiga dan delapan minggu, membaik pada akhir periode itu, itu dianggap batuk subakut. Batuk terus-menerus yang berlangsung lebih dari delapan minggu adalah batuk kronis. Kamu harus menemui dokter jika mengalami batuk darah atau batuk “menggonggong”. Kamu juga harus menghubungi dokter jika kondisi tidak membaik dalam beberapa minggu, karena ini bisa mengindikasikan sesuatu yang lebih serius.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, baik sementara maupun permanen. Berikut ini beberapa penyebabnya:

• Membersihkan Tenggorokan Batuk adalah cara standar untuk membersihkan tenggorokan. Ketika saluran udara tersumbat oleh lendir atau partikel asing seperti asap atau debu, batuk adalah reaksi refleks yang berusaha membersihkan partikel tersebut dan membuat pernapasan menjadi lebih mudah. Biasanya batuk jenis ini relatif jarang terjadi, tetapi intensitas akan meningkat seiring dengan paparan bahan iritan seperti asap.

• Virus dan Bakteri Penyebab yang paling umum adalah infeksi saluran pernapasan, seperti pilek atau flu. Infeksi saluran pernapasan biasanya disebabkan oleh virus dan dapat berlangsung dari beberapa hari hingga seminggu. Infeksi yang disebabkan oleh flu mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dan terkadang memerlukan antibiotik.

• Merokok Merokok adalah penyebab umum yang kerap terjadi. Batuk yang disebabkan oleh rokok hampir selalu merupakan batuk kronis dengan suara yang khas.

• Asma Penyebab umum pada anak kecil adalah asma. Biasanya, batuk asma melibatkan mengi, sehingga mudah untuk diidentifikasi. Eksaserbasi asma harus mendapat pengobatan menggunakan inhaler. Ada kemungkinan bagi anak-anak untuk sembuh dari asma seiring bertambahnya usia.

• Efek Samping Obat Beberapa obat akan menyebabkan batuk, meskipun ini umumnya merupakan efek samping yang jarang terjadi. Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor, yang biasa digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan kondisi jantung dapat menyebabkan kondisi ini.

• Kondisi Lain Kondisi lain yang dapat menyebabkan batuk meliputi:

• Kerusakan pada pita suara

• Tetesan postnasal

• Infeksi bakteri, seperti pneumonia, batuk rejan, dan croup

• Kondisi serius seperti emboli paru dan gagal jantung

• Kondisi umum lainnya yang dapat menyebabkan batuk kronis adalah penyakit refluks gastroesofageal (GERD). Pada kondisi ini, isi lambung mengalir kembali ke kerongkongan. Aliran balik ini merangsang refleks di trakea yang menyebabkan orang tersebut batuk

Gejala Batuk

Sebagian besar akan sembuh atau setidaknya membaik secara signifikan, dalam waktu dua minggu. Jika kamu mengalami batuk yang tidak kunjung membaik dalam jangka waktu tersebut, temui dokter, karena ini mungkin merupakan gejala dari masalah yang lebih serius.

Jika gejala tambahan berkembang, hubungi dokter sesegera mungkin. Gejala yang harus diwaspadai, antara lain:

• Nyeri dada

• Sakit kepala

• Kantuk

• Kebingungan

Batuk darah atau kesulitan bernapas memerlukan perhatian medis darurat segera. Selain itu, ada beberapa alasan lain untuk segera menemui dokter saat mengalami batuk, antara lain:

• Batuk semakin parah

• Terdapat pembengkakan atau benjolan di daerah leher

• Penurunan berat badan

• Kesulitan menelan

• Perubahan suara secara permanen

• Sulit bernafas

Pencegahan

Ada beberapa cara untuk mencegah batuk yang bisa kamu lakukan, antara lain:

• Berhenti Merokok Merokok adalah kontributor umum untuk batuk kronis. Namun, akan sangat sulit untuk menyembuhkan batuk perokok. Ada berbagai macam metode yang tersedia untuk membantu seseorang untuk berhenti merokok, dari gadget hingga kelompok saran dan jaringan pendukung. Setelah berhenti merokok, seseorang akan jauh lebih kecil kemungkinannya terkena pilek atau batuk kronis.

• Perubahan Pola Makan Sebuah studi pada tahun 2004 menemukan bahwa orang yang makan makanan tinggi buah, serat, dan flavonoid cenderung tidak mengalami gejala pernapasan kronis seperti batuk. Jika kamu memerlukan bantuan untuk menyesuaikan pola makan, dokter mungkin dapat menyarankan atau merujuk ke ahli gizi.

• Mengatasi Kondisi Medis Jika bisa, kamu harus menghindari siapa pun yang memiliki penyakit menular, seperti bronkitis, untuk menghindari kontak dengan kuman. Sering-seringlah mencuci tangan dan jangan berbagi peralatan makan, handuk, atau bantal. Jika kamu memiliki kondisi medis yang meningkatkan kemungkinan terkena batuk, seperti GERD atau asma, konsultasikan dengan dokter tentang strategi manajemen yang berbeda. Setelah kondisi ini diatasi, batuk bisa hilang, atau menjadi lebih jarang untuk kambuh.

Kondisi terjadi ketika organ paru kehilangan fungsinya untuk melegakan paru dan menurunkan Qi,sehingga Qi naik dan timbulah suara dikenal yang kita sebut Batuk dikenal dengan Ke Sou. Batuk adalah salah satu penyakit dari sistem pernafasan. Batuk dibedakan menjadi:

• Yang bersuara dan tidak ada dahak disebut Ke

• Yang berdahak tetapi tidak bersuara disebut Sou

Biasanya keduanya sama-sama terjadi dalam satu waktu,dan sulit untuk dipisahkan,sehingga orang kuno menyebutnya dengan sebutan Ke Sou (Batuk).

Penyebab utama batuk adalah infeksi patogen luar yang mengacaukan paru,membuat Qi pada paru naik keatas, sehingga terjadilah Batuk. Paru-paru membiarkan Qi naik keatas dengan tujuan untuk mengeluarkan patogen di dalam paru-paru melalui Batuk. Patogen yang paling sering menginfeksi paru adalah dahak dan patogen api. Sedangkan letak penyakit ada di paru-paru, dan juga berhubungan langsung dengan organ Liver, Limpa, bahkan Ginjal.

• Gejala utama adalah Batuk.

• Riwayat Batuk harus jelas apakah sudah lama/belum, proses penyakit cepat/lama, apakah disertai gejala lainnya, dan bedakan penyebabnya apakah karena infeksi patogen luar atau karena cedera dalam.

1. Batuk karena infeksi luar biasanya proses penyakit cepat, periode penyakit sebentar, dan disertai gejala-gejala demam, dll.

2. Sedangkan cedera dalam sering terjadi berulang, periode penyakit panjang, dan disertai gejala lainnya.

1. Batuk Karena Infeksi Patogen Luar

a. Sindrom Angin Dingin Mengacaukan Paru

• Suara batuk makin berat

• Nafas cepat

• Tenggorokan gatal

• Batuk berdahak putih tipis,disertai hidung tersumbat,meler,sakit kepala,tubuh pegal/demam dan takut dingin,tidak berkeringat

• Lapisan lidah putih tipis

• Nadi mengambang/mengambang ketat

• Prinsip pengobatan: Membersihkan angin dan dingin, melegakan paru meredakan batuk.

b. Sindrom Angin Panas Mengacaukan Paru

• Intensitas Batuk sering

• Nafas berat/suara parau

• Tenggorokan sakit

• Batuk tapi tidak lega

• Dahak kental/kuning

• Saat batuk berkeringat

• Haus

• Sakit kepala

• Pegal-pegal/disertai takut dingin, demam,dll

• Lapisan lidah kuning tipis

• Nadi mengambang cepat/mengambang licin

• Prinsip pengobatan: Membersihkan angin menurunkan panas, melegakan paru meredakan batuk.

c. Sindrom Patogen Angin & Kering Melukai Paru

• Batuk kering disertai tenggorokan gatal,tenggorokan kering dan sakit

• Bibir kering

• Tidak berdahak/dahak sedikit dan kental bergumpal,serta tidak mudah dikeluarkan

• Sakit kepala takut dingin

• Lidah merah dan agak kering lapisan putih tipis/kuning tipis

• Nadi mengambang cepat/agak cepat

• Prinsip pengobatan: Membersihkan angin melegakan paru, dan meredakan batuk.

2. Batuk Karena Cedera Dalam

a. Sindrom Patogen Dahak & Lembab Mengacaukan Paru

• Batuk berulang

• Suara batuk berat

• Dahak penuh (karena dahak makanya batuk, saat dahak keluar batuk reda)

• Dahak kental dan bergumpal, berwarna putih/agak abu,dahak semakin banyak saat pagi buta dan sehabis makan, semakin parah ketika makan makanan berlemak

• Dada penuh seperti tersumbat

• Mual dan sedikit makan

• Lemas

• Mencret

• Lapisan lidah putih pekat

• Nadi lembut dan licin

• Prinsip pengobatan: Mengeringkan lembab mengencerkan dahak, melancarkan sirkulasi Qi meredakan batuk.

b. Sindrom Stagnansi Patogen Dahak & Panas Pada Paru

• Batuk

• Nafas berat/ ada suara dahak dari tenggorokan

• Dahak penuh dan kental/kental kuning (saat dikeluarkan tidak lega, atau ada bau amis panas, atau dahaknya berdarah)

• Dada penuh dan sakit

• Saat batuk terasa sakit

• Wajah merah

• Mulut kering dan lengket

• Suka minum

• Lidah merah lapisan kuning tipis

• Nadi licin cepat

• Prinsip pengobatan: Menurunkan panas dan melegakan paru, mengencerkan dahak dan meredakan batuk.

c. Sindrom Patogen Api & Kering Melukai Paru

• Batuk dikarenakan Qi naik dan terjadi berulang-ulang

• Saat batuk wajah merah

• Tenggorokan dan mulut kering

• Sering merasa dahak menyumbat tenggorokan dan tidak bisa dikeluarkan

• Dahak sedikit dan kental

• Dada dan rusuk sakit dan penuh

• Saat batuk terasa sakit

• Gejala bisa beubah-rubah sesuai dengan perubahan emosi

• Lidah merah/samping lidah merah lapisan lidah kuning tipis dan agak kering

• Nadi senar dan cepat

• Prinsip pengobatan: Menstabilkan paru menetralkan liver,menurunkan api bersama Qi.

d. Sindrom Yin Paru Terluka Habis

• Batuk kering

• Suara batuk tersengal-sengal

• Dahak sedikit putih kental/ada darah didalam dahak/disertai suara parau

• Mulut dan tenggorokan kering/demam saat sore

• Pipi merrah

• Berkeringat saat tidur

• Mulut kering

• Semakin hari semakin kurus, lemas

• Lidah merah lapisan lidah sedikit

• Nadi tipis cepat

• Prinsip pengobatan: Menjaga Yin melembabkan paru, mengencerkan dahak meredakan batuk.