Arthralgia

Menurut Ilmu Kedokteran

Arthralgia adalah istilah medis untuk menggambarkan kondisi nyeri atau kaku pada persendian. Jika terjadi pada beberapa sendi, dua atau lebih sendi, kondisinya disebut dengan Polyarthralgia. Kondisi ini sering disalahartikan sebagai Arthritis atau peradangan pada sendi, padahal keduanya merupakan kondisi yang berbeda.

Perbedaan keduanya, dapat dilihat dari definisinya. Crohn’s & Colitis Foundation of America (CCFA) menyebutkan bahwa Arthralgia adalah sakit atau nyeri pada persendian yang tidak disertai dengan pembengkakan, sedangkan Arthritis adalah peradangan pada sendi yang menimbulkan rasa nyeri pada sendi.

Demikian pula dengan Johns Hopkins Medicine, mengartikan Arthralgia sebagai kekakuan sendi yang juga menyebabkan pembengkakan, sedangkan Arthritis sebagai peradangan sekaligus pembengkakan pada sendi, otot, tendon, ligamen, dan tulang.

1. Rematik atau Osteoarthritis Osteoarthritis (pengapuran sendi) dan rematik adalah dua jenis Arthritis. Pengapuran pada sendi menyebabkan hausnya tulang rawan yang menjadi bantalan pada sendi sehingga menimbulkan rasa nyeri ketika terjadi gesekan. Gangguan pada sendi bisa terjadi pada sendi mana pun pada seluruh tubuh, tapi paling sering di bagian lutut. Rematik terjadi karena sistem imun keliru dan menyerang lapisan membran sinoval yang membungkus sendi. Seiring waktu, kondisi ini menyebabkan tulang rawan dan tulang di dalam sendi hancur perlahan. Kedua kondisi ini paling sering menjadi penyebab Arthralgia.

2. Osteomyelitis Kondisi dimana adanya infeksi yang menyerang jaringan dan organ tubuh termasuk juga tulang. Kuman yang menginfeksi bisa sampai melalui tulang melalui darah, luka terbuka, atau bekas operasi. Orang dengan penyakit diabetes, penyakit ginjal, dan memiliki kebiasaan merokok berisiko tinggi dengan infeksi ini. Selain kekakuan pada sendi, penderita Osteomyelitis juga akan mengalami demam dan tubuh kelelahan.

3. Cedera Cedera seperti keseleo, patah tulang, atau ketegangan pada otot bisa menyebabkan Arthralgia. Ini mungkin terjadi pada banyak orang karena terlalu berlebihan dalam melakukan aktivitas fisik atau melakukan kesalahan ketika sedang berolahraga. Bisa juga terjadi akibat terjatuh atau mengalami kecelakaan dalam berkendara.

4. Tendinitis Tendinitis adalah peradangan atau iritasi pada tendon, yakni tali fibrosa yang menempelkan otot ke tulang. Iritasi pada tendon ini menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada area sendi.Paling sering Tendinitis menyerang tendon bahu, siku, pergelangan tangan, tumit, dan lutut. Penyebab tendon yang meradang yang paling umum adalah cedera saat beraktivitas, contohnya olahraga.

5. Bursitis Pada tendon, otot, dan tulang dekat persendian terdapat kantung kecil yang berisi cairan yaitu Bursae. Jika kantung ini mengalami peradangan, maka terjadilah Bursitis. Biasanya, Bursitis terjadi pada bahu, siku, dan pinggul. Bisa juga terjadi pada lutut, tumit, dan pangkal jempol kaki. Bursitis sangat sering menimbulkan Arthralgia yang disertai nyeri dan keterbatasan dalam menggerakkan tubuh. Penyebab dari Bursitis adalah melakukan aktivitas berulang yang berlebihan.

Dalam ilmu akupunktur disebut dengan Bi Zheng. Bi Zheng adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi patogen luar, angin, dingin, lembab dan panas. Patogen-patogen ini kemudian menyumbat meridian sehingga menyebabkan sirkulasi Qi dan darah menjadi tidak lancar. Hal ini menyebabkan persendian menjadi sakit, bengkak, pegal, dan kebas. Dalam kasus berat bisa menyebabkan sulit beraktivitas. Dalam kedokteran barat disebut dengan Arthralgia.

Patogenesisnya adalah patogen luar yang menginfeksi tungkai, menyumbat meridian, ketidak lancaran menyebabkan sakit. Patogen angin, dingin, lembab dan panas menginfeksi persendian, otot dan meridian yang menyebabkan sirkulasi Qi dan darah menjadi lancar dan terjadinya Arthralgia. Gejala utamanya adalah sakit, bengkak, pegal, kebas dan kontraktur persendian. Letak penyakit ini ada pada otot bagian luar meridian. Setelah cukup waktu lama maka akan melukai tulang dan penyakit akan masuk ke 5 organ.

Sakit persendian tungkai, sakit otot, susah menekuk dan menggerakkan sendi, lokasi sakit berpindah bahkan persendian terasa sakit hebat, bengkak, kaku, berubah bentuk, dll.

Terjadinya penyakit dan kondisi penyakit yang parah atau tidak biasanya sangat berhubungan erat dengan kondisi cuaca dan kelelahan. Beberapa kasus juga dipengaruhi pola makan.

Perbedaan usia sangat berhubungan erat dengan perbedaan jenis penyakit. Beberapa kasus Arthralgia sangat berhubungan dengan faktor genetika.

Diferensiasi Penyakit

Bi Zheng & Wei Zheng (Perbedaan yang paling jelas adalah dari rasa sakit dan tidaknya)

• Bi Zheng disebabkan patogen angin, dingin, lembab dan panas yang menyumbat meridian, menutupi pembuluh darah sehingga timbullah gejala Arthralgia. Bi Zheng merupakan sakit persendian. Karena sakit maka tidak bisa bergerak, sakit persendian berlebihan maka takut untuk bergerak, dan jika ini terjadi dalam waktu lama maka bisa menyebabkan Arthropy.

• Wei Zheng disebabkan patogen panas yang melukai Yin, kemudian organ Zang berta darah dan Qi rusak sehingga menyebabkan meridian, otot dan kulit tidak ternutrisi dengan baik. Wei Zheng merupakan kondisi dimana tubuh beserta tungkai menjadi lemah sehingga tidak bisa menjalankan hidup dengan normal, dan biasanya tidak ada keluhan sakit. Oleh karena itu harus dilakukan observasi pola gerak tungkai, biasanya tungkai menjadi tidak bertenaga. Selain itu beberapa kasus Wei Zheng disertai Arthrophy.

1. Sindrom Arthralgia Patogen Dingin

- Persendian sakit

- Lokasi berpindah, bertambah parah saat dingin dan berkurang saat dipanaskan

- Persendian berat

- Berat

- Bengkak

- Kebas

- Persendian sulit digerakkan

- Lidah pucat lapisan tipis atau pekat

- Nadi senar ketat/lembut pelan

• Prinsip Pengobatan: Menghilangkan angin dan dingin, menuntaskan lembab, melancarkan meridian.

2. Sindrom Arthralgia Patogen Angin Lembab dan Panas

- Persendian sakit

- Lokasi sakit tidak tetap

- Pergerakan persendian kaku

- Sakit sampai tidak boleh disentuh

- Merasa enakan saat didinginkan

- Bisa disertai kemerahan dikulit

- Demam

- Berkeringat

- Haus

- Gelisah

- Lidah merah lapisan kuning/kuning pekat

- Nadi licin cepat/mengambang dan cepat

• Prinsip Pengobatan: Menurunkan panas melancarkan meridian, menghilangkan angin dan menuntaskan lembab.

3. Sindrom Komplikasi Patogen Panas & Dingin

- Persendian bengkak dan panas, dan akan bertambah parah saat kena dingin

- Takut angin dan dingin

- Persendian suka dihangatkan, dan telapak tangan terasa panas

- Mulut kering dan pahit

- BAK kuning

- Lidah merah lapisan putih

- Nadi senar, kencang atau cepat

• Prinsip Pengobatan: Menghangatkan meridian mengusir dingin, menurunkan panas menuntaskan lembab.

4. Sindrom Stagnasi Dahak Menyumbat Dalam

- Arthralgia menahun

- Sakit tertusuk dibagian persendian dan otot

- Lokasi sakit tidak berpindah

- Kulit dipersendian berwarna ungu gelap

- Bengkak

- Keras saat ditekan

- Tungkai kebas dan berat bahkan persendian kaku dan berubah posisi

- Tidak bisa ditekuk

- Ada benjolan keras

- Ada bercak atau dada penuh dahak banyak

- Lidah ungu gelap atau ada bercak, lapisan putih pekat

- Nadi senar kesat

• Prinsip Pengobatan: Mengencerkan dahak, melancarkan stagnasi, meredakan Arthralgia melancarkan meridian.

5. Sindrom Arthralgia Defisiensi Qi dan Darah

- Sakit persendian

- Pegal

- Kadang parah kadang ringan

- Semakin parah saat cuaca berubah/setelah kelelahan

- Mengalami penurunan BB

- Lemas tidak bertenaga

- Kulit dan otot kebas

- Nafas pendek dan berkeringat sendiri

- Wajah tidak bercahaya

- Kuku pucat

- Pusing dan mata berkunang

- Nadi tipis lemah

• Prinsip Pengobatan: Mentonifikasi Qi dan memelihara darah, menstabilkan Ying melancarkan meridian.

6. Sindrom Arthralgia Defisiensi Liver & Ginjal

- Arthralgia sudah menahun dan tidak sembu-sembuh

- Sakit sendi kadang parah

- Saat kelelahan sakit bertambah parah

- Kontraktur persendian

- Otot mengecil

- Pinggan dan lutut pegal dan sakit atau tungkai dingin

- Imponten

- Sperma tidak berkualitas

- Selalu merasa kesal

- Mulut kering

- Lidah merah pucat lapisan putih tipis/agak kering

- Nadi dalam titpis lemah/tipis cepat

• Prinsip Pengobatan: Mentonifikasi Liver dan Ginjal, melancarkan meridian dan meredakan sakit.