top of page
  • Gambar penulisKlinik Meriana

Angina Pectoris/Nyeri Dada Tiba-Tiba


Pengertian Menurut Kedokteran

Angina merupakan jenis nyeri dada yang diakibatkan oleh berkurangnya aliran darah ke Jantung. Kurangnya aliran darah berarti otot Jantung tidak mendapatkan cukup oksigen. Ada beberapa jenis angina, salah satu yang paling umum adalah angina pectoris atau yang juga dikenal sebagai Stable Angina (Angina Stabil).


Kondisi ini ditandai dengan nyeri dada atau ketidak nyamanan yang berkaitan dengan kelelahan akibat aktivitas fisik atau stres emosional.

Di sisi lain, Angina Pectoris merupakan pola nyeri dada yang dapat diprediksi. Artinya, pengidapnya biasanya dapat melacak pola berdasarkan apa yang dilakukan ketika merasakan sakit di dadanya. Melacak angina stabil dapat membantu pengidap Angina Pectoris mengelola gejala dengan lebih mudah.


Berdasarkan karakteristik gejalanya, angina pectoris dapat dibedakan menjadi:

  • Stable Angina

Stable Angina atau Angina Stabil sering muncul ketika melakukan aktivitas yang berat atau saat mengalami tekanan emosional. Stable Angina memiliki pola yang teratur dengan durasi yang singkat, biasanya tidak lebih dari 5 menit.

  • Unstable Angina

Unstable Angina merupakan jenis angina yang lebih berbahaya. Angina jenis ini tidak tergantung pada aktivitas yang dilakukan, serta dapat muncul tiba-tiba dan berlanjut meski penderitanya sudah beristirahat. Dibandingkan dengan Stable Angina, Unstable Angina terjadi lebih lama dengan intensitas nyeri yang lebih parah. Gejala yang ditimbulkan angina jenis ini juga tidak hilang walau penderita sudah beristirahat atau minum obat. Unstable Angina umumnya merupakan tanda dari serangan Jantung.

  • Prinzmetal’s Angina

Berbeda dengan dua jenis angina yang dijelaskan sebelumnya, Prinzmetal’s angina disebabkan oleh kekakuan di Arteri Jantung. Kondisi ini menyebabkan jumlah aliran darah menurun untuk sementara waktu. Prinzmetal’s angina merupakan jenis angina yang cukup jarang terjadi. Angina jenis ini biasanya muncul saat istirahat, di malam hari atau di pagi hari. Intensitas nyerinya cukup berat, tetapi biasanya mereda dengan pemberian obat-obatan.


Pengertian Menurut Ilmu Akupunktur

Angina Pectoris (Zhen Xi Tong) adalah kondisi perkembangan lanjut dari penyakit Jantung Koroner. Yang memiliki gejala nyeri dada disertai dengan jantung berdebar, badan bengkak, tubuh dingin, sesak nafas, berkeringat dan wajah pucat sebagai gejala utama, bahkan bisa bisa menimbulkan kematian.


Patogenesis

Karena faktor usia yang semakin menua, emosi yang tidak stabil, energi di meridian tersendat sehingga terjadi stagnasi (sumbatan) darah, terlalu banyak konsumsi makanan yang berlemak, dan kelelahan. Bisa juga karena dahak yang mengendap atau ada patogen luar yang masuk ke dalam tubuh, darah yang membeku dan faktor pemicu lainnya. dasar terjadinya penyakit ini adalah akarnya defisiensi, tetapi terlihat pada kulit.

Misalnya karena dingin yang membekukan serta Qi/energi yang tersendat, stagnasi darah serta dahak mengendap menyumbat meridian Jantung, membuat meridian Jantung tersumbat total, Peredaran Qi dan peredaran darah terputus maka terjadilah sakit dada parah bahkan terjadi Angina Pectoris.


Gejala

Gejala utama dari Angina Pectoris adalah kehadiran nyeri dada yang digambarkan seperti beban berat yang bertumpu pada dada. Rasa sakit ini dapat menyebar dari dada ke leher, lengan, dan bahu, dan disertai dengan gejala lain, seperti:

  • Sesak napas.

  • Mual.

  • Kelelahan.

  • Pusing.

  • Berkeringat banyak.

  • Kecemasan.


Pengobatan Berdasarkan Sindrom


1. Sindrom Defisiensi Qi dan Stagnasi Darah

  • Gejala

- Nyeri seperti tertusuk

- Dada penuh dan sesak, saat bergerak bertambah parah

- Disertai nafas pendek dan lemas

- Berkeringat dan Jantung berdebar

- Lidah gemuk

- Disampingnya ada noda gigi

- Lidah gelap pucat/seperti ada bercak

- Lapisan lidah putih tipis

- Nadi senar tipis tidak bertenaga


  • Prinsip Pengobatan: Mentonifikasi Qi melancarkan peredaran darah, melancarkan meridian dan meredakan sakit.


2. Sindrom Dingin Membekukan Meridian Jantung

  • Gejala

- Nyeri dada sampai ke punggung

- Dada penuh, nafas pendek

- Tubuh dingin

- Lidah pucat gelap

- Lapisan lidah putih tebal

- Nadi dalam dan tidak bertenaga, lambat atau seperti bersimpul


  • Prinsip Pengobatan: Menghangatkan meridian Yang Jantung, menghilangkan dingin, melancarkan meridian


3. Sindrom Defisiensi yang Menyebabkan Meridian Yang Terpisahkan

  • Gejala

- Dada nyeri, terasa seperti ada sesuatu yang menyesakkan didalam dada

- Sesak nafas

- Gelisah

- Wajah pucat

- Berkeringat banyak

- Ekspresi murung

- Kehilangan kontrol BAK

- Nadi tidak berakar


  • Gejala berat: kehilangan kesadaran, keempat tungkai dingin, mulut terbuka, mata tertutup.

  • Prinsip Pengobatan: Mengembalikan meridian Yang, mengembalikan arus meridian Qi yang berbalik, mendorong meridian Qi dan mengembalikan energi Yang.


Pencegahan Angina Pectoris

Cara utama yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko Angina Pectoris adalah dengan mencegah penyakit jantung. Berikut adalah beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan:

  • Mengonsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang. Usahakan untuk membatasi asupan makanan berlemak (lemak trans).

  • Berolahraga secara teratur.

  • Berhenti merokok.

  • Menjaga gula darah, tekanan darah tinggi, dan kolesterol dalam batas normal.






Jika Ingin Mengetahui Lebih Lanjut Mengenai Hal Diatas

Bisa Menghubungi Klinik Akupunktur & Herbal Meriana


8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

留言


bottom of page