top of page
  • Gambar penulisKlinik Meriana

Akupunktur Pada Diabetes Melitus



Menurut ilmu Traditional Chinese Medicine, penyakit kencing manis disebut dengan istilah Xiaoke. Xiaoke terbagi kedalam tiga jenis yaitu atas, tengah, dan bawah. Kondisi ini dapat dikaitkan dengan organ paru- paru, limpa, dan ginjal.


Secara umum akupuntur pada Traditional Chinese Medicine berdasarkan pada :

  • Yin Yang (Keseimbangan),

  • 5 unsur,

  • Sistem Meridian,

  • Titik Akupuntur,

  • Sistem Organ, dan

  • 8 Dasar Diagnosa

Reseptor dalam Akupunktur dikenal sebagai titik/area spesifik yang terbukti secara ilmiah mempengaruhi sistem organ.


Dari banyaknya fenomena dari perlakuan akupunktur adalah sistem endokrin. Dimana sistem umpan balik sangat erat berhubungan dengan organ TCM dalam pola dinamis dan transformasi fungsional.


Endokrin Sistem TCM

Endokrin dalam TCM lebih mendekati keseimbangan sistem umpan balik dari endokrin konvensional. Endokrin dalam konvensional adalah kelenjar endokrin klasik dan tidak klasik dimana fungsi hormonal adalah untuk mendapatkan energi, mengatur lingkungan internal, dan mengatur sistem reproduksi.


Endokrin Dalam Metabolisme Glukosa

Dalam kedokteran konvensional bahwa peran insulin menentukan metabolisme glukosa dan sistem umpan balik. Dari beberapa sistem sangat menentukan keseimbangan dalam tubuh.

Sedangkan dalam Akupunktur merupakan jalan alternatif untuk mempengaruhi produksi insulin dan memperbaiki reseptor insulin melalui titik akupunktur.


Pengaruh Terapi Akupuntur Pada Penderita Diabetes Melitus

Akupunktur adalah pengobatan alternatif yang dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit. Pengobatan ini dilakukan oleh ahli dan melibatkan jarum-jarum kecil yang ditempelkan di titik-titik tertentu pada tubuh.


Manfaat Akupunktur pada Diabetes Melitus:

  1. Membantu menurunkan kadar gula darah Terapi ini menurunkan stres dengan cara mengontrol kadar kortisol atau yang dikenal dengan hormon stres. Setelah kadar stres menurun, kadar gula darah tinggi juga akan turun.

  2. Mengatasi resistensi insulin Yaitu kondisi ketika sel tubuh mengabaikan sinyal dari hormon insulin. Hasilnya, terapi akupunktur dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan tingkat sensitivitas insulin.

  3. Meningkatkan keberhasilan pengobatan diabetes Dibandingkan dengan konsumsi metformin sendiri, kombinasi dengan teknik akupunktur menunjukkan adanya efek penurunan gula darah dan peningkatan sensitivitas insulin yang lebih baik.

  4. Mengatasi rasa sakit akibat diabetes Kerusakan saraf (neuropati diabetik) yang berujung pada sakit kronis merupakan efek samping diabetes yang umum terjadi. Dengan Akupunktur dapat memberikan rangsangan pada saraf di sepanjang pergelangan tangan dan kaki. Akan meningkatkan relaksasi dan merangsang produksi endorfin, hormon yang memicu perasaan positif dan mampu memblokir perasaan sakit.


Pengaruh Organ TCM Dalam Metabolisme Gula

Organ TCM dikenal dalam istilah yang tampaknya mirip dengan konvensional, tetapi berlainan Body Knowledge. Dalam kedokteran konvensional tentu tidak dikenal titik rangsangan/reseptor permukaan tubuh untuk pancreas. Sedangkan pada Akupuntur dikenal titik spesifik yang mempengaruhi produksi insulin.

Pengaruh streptozosin pada reseptor penderita Diabetes Melitus, bsn=300 mg% insulin pada tikus.


Rangsangan Akupunktur Pada Diabetes Melitus

  • SP3 (Taibai) : Meridian Limpa Merupakan Titik Shu meridian limpa. Titik Yuan meridian limpa. Fungsi: Menguatkan Limpa untuk menghilangkan lembab, meregulasi Qi dan Lambung. Biasa digunakan untuk mengobati masalah nyeri lambung, distensi abdominal, konstipasi, muntah.

  • SP6 (Sanyinjiao) : Meridian Limpa Merupakan titik pertemuan meridian limpa, hati dan ginjal. Fungsi: Menguatkan Limpa dan menghilangkan lembab, menguatkan Ginjal dan memelihara Yin Xue, meregulasi haid, menghentikan rasa sakit dan sebagai penenang. Biasa digunakan untuk mengobati distensi abdominal, menstruasi tidak teratur, leukorea, persalinan yang sulit, impotensi, atropi otot, gangguan motorik, vertigo.

  • ST36 (Zusanli) : Meridian Lambung Merupakan Titik He meridian Lambung. Fungsi: Memperbaiki Lambung dan Limpa, menguatkan Qi, Xue serta daya tahan tubuh, mengatur makanan dan Wei Qi sebagai transformasi Phlegm, mengurangi lembab. Biasa digunakan untuk mengobati gangguan system pencernaan (nyeri lambung, mual, muntah, diare, konstipasi, disentri), gangguan sepanjang meridian (paralisis ekstremitas inferior), hipertensi, insomnia, pusing, ikterus, dan pengeluaran ASI.

  • BL20 (Pishu) : Meridian Kandung Kemih Merupakan Titik Shu belakang Limpa. Biasa digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, distensi abdominal,mual, muuntah, edema, perdarahan uterus, urtikaria.



Untuk Diabetes Melitus tipe II, rangsangan diberikan untuk meningkatkan sekresi inhibisi dari lemahnya beta sel, terapi 3x/minggu bersama Obat Anti Diabetes yang sudah dipakai. Jika kadar gula darah menurun dikurangi menjadi 2x/minggu dan seterusnya sampai 1x/minggu. Bila gula darah sudah terkendali dilanjutkan dengan Diet dan Olahraga.







Jika Ingin Mengetahui Lebih Lanjut Mengenai Hal Diatas

Bisa Menghubungi Klinik Akupunktur & Herbal Meriana



Sumber HelloSehat






7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page