top of page
  • Gambar penulisKlinik Meriana

Akupunktur Pada Terapi Stroke




Menurut Kedokteran Barat

Menurut Ilmu Kedokteran Barat yang diadopsi dari WHO 1986 dan merupakan Konsensus Nasional Pengelolaan Stroke di Indonesia 1999, Stroke adalah tanda klinis yang berkembang cepat akibat gangguan fungsi otak fokal (global) dengan gejala yang berlangsung selama 24 jam atau lebih atau dapat menyebabkan kematian tanpa adanya penyebab lain yang jelas selain Vaskuler.


Macam-macam Stroke Menurut Kedokteran Barat:



  1. Stroke Iskemia Trombosis Terjadi ketika arteri yang mengalirkan darah ke Otak menyempit yang disebabkan karena adanya Plak atau Deposit Kolesterol yang menimbulkan pembentukan Thrombus dan akhirnya dapat menyebabkan pembuntuan pembuluh darah.

  2. Stroke Iskemia Emboli Terjadinya pembuntuan pembuluh darah di Otak akibat adanya Embolus yang lepas dari pembuluh darah yang mengalami proses Atherosclerosis atau bagian kecil gumpalan darah yang berasal dari kelainan di Jantung.

  3. Stroke Perdarahan Subarachnoid Terjadi karena dinding pembuluh darah di Otak robek kemudian darah keluar ke jaringan Otak disekitarnya.

  4. Stroke Perdarahan Intraserebral Pecahnya pembuluh darah, dan darah masuk kedalam jaringan yang menyebabkan sel Otak mati yang berdampak sistem kerja Otak berhenti.



Menurut Kedokteran Timur (Traditional Chinese Medicine=TCM)

Menurut Ilmu Kedokteran Timur Stroke/Cerebro Vascular Disease dikenal dengan istilah Zhong Fong atau Windstroke. Yaitu kelainan yang menyerang Meridian Yang, yang disebabkan oleh Api Dalam. Kemudian menimbulkan angin dimana angin akan menyerang puncak kepala.

Meridian Yang sangat mudah dipengaruhi dan diserang oleh penyakit yang berasal dari angin, sehingga membuat Hati berlebihan dan bersifat panas.


Etiologi Wind Stroke

  1. Yang Se Hati, paling sering dijumpai

  2. Yin Si Ginjal, menyebabkan Yin Si Hati (hubungan ibu-anak) secara tidak langsung menjadi penyebab Yang Se Hati

  3. Panas yang berlebihan karena kebiasaan makan yang salah (makanan Berlemak/makan Berlebih) yang mengganggu alira Qi oleh Dahak, yang dapat menimbulkan panas. Gangguan ini biasanya berasal dari Limpa dan Lambung.

Dua Macam Sindrom Wind Stroke Secara Klinis:


1. Ringan : Kelainan pada Meridian dan Kolateral (contoh: Stroke Iskemia)


2. Berat : Kelainan pada Organ Zang-Fu (contoh: Stroke Perdarahan) dibagi 2 macam:

  • Sindrom "Tense" (Closed Syndrome)

  • Sindrom "Flaccid" (Collapse Syndrome)

Gejala Sisa (Sequalae) Wind Stroke:

  • Hemiplegi/Parese (hilangnya kemampuan otot untuk bergerak)

  • Sulit bicara

  • Afasia (gangguan berkomunikasi)

  • Deviasi mulut dan mata

  • Atrofi

  • Mati rasa anggota gerak

  • Badan terasa lemah


Contoh Ilustrasi:

  • Stroke Ringan


  • Stroke Berat



Menurut pola terjadinya Stroke dapat dibagi menjadi:

  1. Serangan Otak sepintas: Gangguan dari serangan ini hanya beberapa jam dan menghilang dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa ada gejala sisa.

  2. RIND (Reversible Ischemic Neurological Defisit): Gangguan berlangsung lebih dari 24 jam tetapi akan pulih kembali sebelum minggu ketiga berakhir.

  3. Progressive Stroke: Merupakan serangan stroke yang berlanjut makin hari makin memberat.

  4. Completed Stroke: Gejalanya sudah dalam keadaan menetap dan tidak dapat berkembang lagi.


Terapi Akupunktur


Pada umumnya pengobatan Stroke dengan Akupunktur sangat bervariasi, tergantung dari kondisi yang dialami. Sebagai contoh pada Stroke Perdarahan terapi dimulai 2-3 minggu sesudah kondisi pasien stabil, sedangkan Stroke Iskemia terapi bisa dimulai 1 minggu sesudah kondisi pasien Stabil.


1. Macam pengobatan Akupunktur yang dapat dipakai untuk Stroke:

  • Akupunktur tubuh

  • Akupunktur kulit kepala

  • Akupunktur telinga

  • Akupunktur mata

  • Akupunktur laser


2. Akupunktur untuk nyeri pada Stroke

Seperti yang sudah diketahui bahwa Kelainan yang timbul akibat Stroke adalah Kelumpuhan pada sisi yang Berlawanan dari lesi Otak. Sedangkan Nyeri pada Stroke Sesuai dengan sisi Kelumpuhan. Kondisi nyeri ini sangat mempengaruhi terapi fisik dan pelatihan.


3. Akupunktur untuk kelainan Motor Neuron pada penderita Stroke

Motor Neuron adalah bagian akhir dari sistem motor yang dimulai dari Cortex dan terletak pada Otot dan secara anatomis terdiri dari Muscle Spindle dan Golgi Tendon Organ.






Jika Ingin Mengetahui Lebih Lanjut Mengenai Hal Diatas

Bisa Menghubungi Klinik Akupunktur & Herbal Meriana



6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page